Bupati Tanggamus Resmikan Program Listrik Desa di Waynipah

Tanggal 16 Sep 2020 - Laporan - 620 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyalakan listrik rumah warga melalui program listrik desa. Foto. Glh.

MOMENTUM, Pematangsawa--Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menyalakan perdana lampu listrik program Listrik Desa (Lides) di Dusun Purwosari, Pekon Waynipah, Kecamatan Pematangsawa, Rabu (16-9-2020).

Menurut Dewi, program listrik desa ini pada tahap awal menyalurkan lisrik di Dusun Purwosari dan Tejomulyo. Sementara delapan desa/pekon di sebelah selatan Pematangsawah belum teraliri listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Nanti dari sini dilanjutkan jaringan listriknya (PLN) melintasi dusun Padamaran, Telukberak, sampai ke Pekon Tampangtua," terang Bupati.

Pembangunan jaringan listrik ke wilayah itu, kata Dewi, merupakan jawaban dari proposal yang diajukan masyarakat. "Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN yang telah merealisasikan program listrik desa," katanya.

Dewi juga mengapresiasi terhadap warga delapan pekon di Kecamatan Pematangsawa yang bergotong-royong membuka badan jalan dan membangun jembatan darurat sehingga PLN bisa mengakut logistik untuk membangun jaringan listrik.

Pemkab Tanggamus terus berupaya mewujudkan program Indonesia Terang dengan meningkatkan rasio elektrifikasi agar seluruh masyarakat bisa menikmati listrik.

"Selain listrik dari PLN, kami mengupayakan energi alternatif. Salah satunya PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) untuk daerah terpencil," katanya.

Dia menyebutkan, saat ini Kabupaten Tanggamus memiliki 11 PLTS tersebar di Kecamatan Kelumbayan, Pematangsawa dan Cukuhbalak yang dapat menerangi 2.124 rumah.

Bupati berharap, masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan baik dan menaga jaringan listrik listrik PLN. "Bantu dan izinkan tanaman yang bisa mengganggu atau membahayakan sistem jaringan listrik untuk ditebang," katanya.

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan yang turut hadir, mengharapkan masuknya jaringan listrik akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Masyarakat menjadi lebih kreatif membuat usaha dengan dukungan listrik.

Tampak hadir, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Manajer PLN UP3 Metro Djoko Nur Astanto, Manajer UP2K UID Lampung Badruz, Kepala Dinas Tenaga Kerja Mulkifli Novem, Camat Pematangsawa Agus Somad, para kepala pekon dan tokoh masyarakat setempat. (*).

Laporan: Galih/Ijal.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com