Anggota DPRD Lambar Tanggapi soal Jalan Rusak di Wates

Tanggal 05 Okt 2020 - Laporan - 688 Views
Anggota Komisi I DPRD Lambar, Mawardi. Foto. Lem.

MOMENTUM, Liwa--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat (Lambar) merespon tindakan aparat Pekon (Desa) Wates, Kecamatan Balikbukit yang meminta warga memperbaiki jalan rabat beton yang rusak.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Lambar, Mawardi, segala pembangunan yang menggunakan uang negara, perawatannya juga harus menggunakan uang negara.

Terkait dengan jalan di Pekon Wates yang dibangun menggunakan dana anggaran dana desa (ADD) 2020. Menurut dia, menjadi tanggung jawab pekon selaku pengguna anggaran.

"Yang pasti tidak dibenarkan. Perawatannya menjadi tanggung jawab pekon. Apalagi anggaran tahun ini. Akan kami laporkan terlebih dahulu dengan anggota komisi yang lain, upaya menindaklanjuti persoalan tersebut, Komisi I secepatnya akan turun ke lokasi," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (05/10/20).

Mawardi mengatakan, secepatnya masalah tersebut akan dibahas interen oleh anggota Komisi I DPRD serta dalam waktu dekat akan turun ke lokasi.

Mawardi menyayangkan tindakan aparat pekon wates yang membebani masyarakat dalam pemeliharaan jalan yang dibangun menggunakan ADD.

"Tidak benar itu, kan sudah ada dana pemeliharaannya dari pekon. Tanggung jawab pekon untuk melakukan pemeliharaan fasilitas pembangunan," ucapnya.

Menurutnya, segala pembangunan fasilitas umum yang menggunakan uang negara diperuntukan untuk kesejahteraan rakyat. Baik itu pembangunan yang menggunakan ADD, yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat bukan mempersulit.

Komisi I DPRD Lambar akan menggandeng Inspektorat selaku lembaga pengawasan pemerintah untuk turun ke lokasi. Kunjungan itu sekaligus untuk mengecek kualitas jalan yang dibangun pekon tersebut.

"Kalau kualitasnya bagus dalam jangka beberapa hari sudah dapat dilewati dan tidak ada masalah," katanya.

Hal serupa juga diucapkan oleh Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Lambar, Anton Hilman saat dihubungi melalui pesan wahts app, Minggu (4-10-2020).

Anton akan mengecek ke lapangan dalam waktu dekat. "Untuk sementara kami akan ke pekonnya dulu ya. Selasa lalu sudah dimonev Dinas PMD Kec. Balik Bukit," tulisnya.

Dikatakan Anton, melalui pendamping kecamatan yang akan melakukan pengecekan ke lokasi. 

"Nanti pendamping kecamatannya ngecek dan nyampein ke pekon. Yang pasti kalau pendamping nanti akan nympein ke peratin. Minggu besok, Senin atau selasa nanti mereka ke pekon," tegasnya.

Laporan: Sulemi Wahyu

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ainun Sampaikan Terimakasih, PWI Lampura Beri ...

MOMENTUM, Kotabumi--Ainun Zulfa Fadhilah berhasil meraih juara Ka ...


Pemdes Kota Negara Ilir Komitmen Bangun Desa ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Negara ilir Kec ...


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com