CJH Wajib Miliki Kartu BPJS Kesehatan

Tanggal 23 Agu 2017 - Laporan - 871 Views
Foto: Net

Harianmomentum--Ke depan seluruh calon jamaah haji (CJH) wajib memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang Kesehatan sebagai jaminan pelayanan kesehatan.


Apalagi tahun 2019, pemerintah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia menjadi peserta BPJS.


Hal itu disampaikan ketua rombongan Panitia Kerja (Panja) Kesehatan Haji Komisi IX DPR, Ermalena di Embarkasi Surabaya, Jawa Timur.
 
"Kita akan mendorong pihak terkait mengintegrasikan pelayanan yang sudah disediakan ini. Jadi ketika seseorang ditetapkan sebagai calon jamaah haji, salah satu persyaratannya harus memiliki kartu BPJS Kesehatan," jelas Ermalena.
 
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menilai, jika calon jamaah haji seluruhnya terdaftar dalam BPJS Kesehatan maka permasalahan mengenai pelayanan kesehatan bisa tertangani secara komprehesif.
 
"Saat ini baru 45 persen peserta jemaah haji yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di Surabaya, selebihnya jika sakit membayar dengan biaya sendiri. Kami akan minta pemerintah dorong agar peserta jemaah haji itu memiliki kartu BPJS agar bisa terlayani dengan fasilitas yang disediakan pemerintah," katanya.
 
Hal senada juga disampaikan anggota Komisi IX DPR Irma Suryani yang meminta Kementerian Kesehatan, BPJS dan Kementerian Agama untuk mengintegrasikan fasilitas yang sudah disediakan negara, yaitu BPJS Kesehatan, untuk memberikan pelayanan kesehatan pada jemaah haji.
 
"Saat ini BPJS kan sudah kerjasama dengan rumah sakit untuk mengcover biaya kesehatan masyarakat, makanya kami mendorong agar peserta jamaah haji ini juga memanfaatkan fasiltas yang sudah disedikan ini," tegasnya. (wid/rmol)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


Sejumlah Tokoh Nasional dan Lampung Iringi Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendiang tokoh Nahdatul Ulama (NU) Lampu ...


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com