DLH Metro Kembali Ajukan Proposal Penambahan Lahan TPAS

Tanggal 18 Okt 2020 - Laporan - 745 Views
Rombongan Anggota Komisi IV DPR RI dan Dirjen Kemen LHK meninjau sarana dan prasarana di TPAS Karangrejo, Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, melalui Dinas Lingkungan Hidup  akan mengajukan proposal penambahan lahan tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Kelurahan Karangrejo. 

"Diberi saran oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengajukan proposal ulang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Peruimahan Rakyat, sebab di Permendagrinya, pembangunan TPAS ada di instansi PU. Nah, lahan TPAS yang masih belum terpakai ini masih ditumbuhi pohon jabon," kata Sekretaris DLH Metro Yerri Noer Kartiko, Sabtu (18-10-2020).

Menurut Yerri, usulan itu disampaikan perwakilan Kementrian LHK saat kunjungan kerja ke Kota Metro bersama rombongan Komisi IV DPR RI, meninjau  UPTD TPAS Karangrejo, Kecamatan  Metro Utara, Jumat (16-10-2020).

"Pembahasannya kemarin waktu kunjungan Komisi empat DPR RI dan Dirjen Kementerian LHK ke TPAS Karangrejo," ungkapnya. 

Dia menerangkan, dua tahun lalu DLH Kota Metro pernah mengirimkan proposal pengajuan penambahan lahan TPAS. Namun, hingga kini belum ada tanggapan perihal tindaklanjut pengajuan proposal tersebut.

"Sudah peranhya diajukan lebih kurang dua tahun lalu, kalau saya nggak salah. Saya sendiri yang bawa. Kemarin diserahkan ulang, agar bisa diingatkan kembali oleh DPR dan Kementerian LHK ke KemenPUPeRa," jelasnya.

Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kementerian LHK Novrizal Taher mengatakan, akan berkoordinasi dan mendorong KemenPUPeRa untuk segera membantu Pemkot Metro dalam merealisasikan pembangunan TPAS baru. Tentu dengan menerapkan teknik terbaru yang menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah sesuai  ketentuan dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu  juga mengacu pada  best practicea dunia, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kota Metro pun dituntut untuk memenuhi salah satu readiness atau acceptance criteria-nya, yaitu alokasi sumber daya yang memadai untuk menjamin keberlangsungan operasional seluruh fasilitas yang nanti akan dibangun,” kata Novrizal. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BPNB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com