Setahun Karam, Bangkai Kapal Baru Bisa Dievakuasi

Tanggal 23 Agu 2017 - Laporan - 999 Views
Setahun Karam, Bangkai Kapal Baru Bisa Dievakuasi. Foto: Agung Sutrisno

Harianmomentum--Sudah lebih dari dari setahun karam di perairan Kuala Setabas, ahirnya bangkai kapal tongkang mulai berhasil diangkat oleh rekanan yang bertugas mengevakuasi bangkai kapal tersebut.


 Aris Ihwanda selaku pengawas evaluasi bangkai kapal terawbut mengatakan, karamnya kapal tongkang itu sudah terjadi hampir satu setengah tahun ini, dan baru berhasil dievakuasi oleh pihak rekanan meskipun baru sedikit.

 

“Sudah ada tiga rekanan sama ini yang bertugas mengevakuasi kapal tongkang itu, namun baru rekanan yang ketiga ini yang berhasil memperlihatkan hasilnya, sedangkan dua rekanan lainnya tidak berhasil mengevakuasi bangkai kapal itu,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, kesulitan mengevakuasi bangkai kapal yang karam itu karena kondisi ombak yang besar.

 

“Ombak di Pesisir Barat inikan memang terkenal besar, meskipun masih dalam keadaan surtut juga ombaknya cukup besar, hal itu yang menyulitkan petugas mengangkat bangkai kapal itu,” jelasnya.

 

Meskipun begitu, pihaknya tetap menggupayakan agar bangkai kapal tongkang itu bisa diangkat sepenuhnya, sehingga areal pantai itu bisa digunakan kembali oleh nelayan untuk mencari ikan.

 

“Kita akan tetap upayakan pekerjaan ini sampai selesai, jangan sampai seperti yang sudah-sudah berhenti ditengah jalam, oktober nanti kita targetkan evakuasi bangkai kapal ini sudah selesai,” terangnya.

 

Lanjutnya, sudah lama nelayan disekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kuala stabas itu meminta agar bangkai kapal itu segera diangkat karena menyulitkan mereka untuk menebar pukat.

 

“Nelayan pukat sudah banyak yang mengeluh karena adanya kapal itu, hal itu karena selama ini lokasi kapal karam saat ini merupakan tempat nelayan paling banyak mendapatkan ikan saat menebar pukat,” ujarnya.

 

Oleh karena itu pihaknya akan terus mengebut evakuasi bangkai kapal itu agar cepat selesai. “Kita kebut terus kalau cuaca bagus kita kerja terus, malam juga kalau memungkinkan pemotongan material kapal yang didarat kita lakukan,” tutupnya. (ags)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com