Satu Pasien Positif Covid di Tanggamus Meninggal

Tanggal 04 Nov 2020 - Laporan - 1066 Views
ilustrasi Covid-19./ist

MOMENTUM, Gisting--Satu pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tanggamus meninggal dunia. Catatan ini merupakan kasus baru dan juga berita duka.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus, dr Eka, Rabu (4-11-2020).

"Gugus tugas menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga. Semoga almarhum meninggal dalam keadaan syahid, diampuni dosa-dosanya dan diterima semua amal ibadahnya, serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah dan mendapatkan kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin ya Robbal Aalamiin," kata dr Eka.

Terkait riwayat perjalanan, kata dia, pasien 064 laki-laki (64) diketahui tanggal 25 Oktober lalu mengeluhkan batuk, sesak dan mual kemudian pasien oleh keluarga dibawa berobat ke RS Urip Sumoharjo.

"Pasien 064 juga mempunyai riwayat penyakit jantung, gagal ginjal dan DM," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Tanggamus itu. 

Terhadap pasien dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah, rapid test dengan hasil reaktif serta pemeriksan rontgen dan ditemukan gambaran pneumonia lobus inferior sinistra.

"Dari hasil tersebut kepada pasien dilakukan perawatan di ruang isolasi di RS Urip Sumoharjo," jelas dr Eka.

Kemudian, pada tanggal 27 Oktober pasien 064 melakukan Swab Nasofaring (PCR) Corona Virus, dan di kirim untuk diperiksa ke laboratorium patologi klinik RSUD Abdul Mouloek.

Selanjutnya, hasil swab Nasofaring (PCR) Corona Virus terhadap pasien 064 keluar dengan hasil SARSCOV2 positif pertanggal 02 November kemarin. 

Masih kata dr Eka, pada 3 November 2020 sekira pukul 22.00 WIB pasien meninggal dunia di ruang isolasi RS Urip Sumoharjo. Pasien 064 dilakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan tatalaksana kasus Covid-19 oleh pihak rumah sakit dan diantar ke Kabupaten Tanggamus untuk diserahkan kepada keluarga juga tim gugus tugas setempat.

Pada 04 November 2020 pukul 01.50 WIB dini hari, jenazah tiba di pemakaman umum Gistingatas, yang diterima Satgas Covid-19 Kabupaten Tanggamus bersama pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat setempat, untuk dimakamkan sesuai tatalaksana kasus Covid-19.

Lebih lanjut, Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus, akan melakukan tracing/penelusuran yang kontak erat terhadap pasien 064. Melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggal pasien.

Kemudian, melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kami kembali mengingatkan masyarakat tantang pentingnya protokol kesehatan. Selalu pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan sering cuci tangan pakai sabun. Dengan menjaga diri kita, maka kita juga menjaga keluarga serta orang-orang terdekat dari penularan virus corona," pungkasnya. 

Berdasarkan laporan data pemantauan COVID-19 di Kabupaten Tanggamus hingga 31 Oktober 2020 tercatat: meninggal 2 orang dengan total konfirmasi positif 63 orang dan selesai isolasi 39 orang.(**)

Laporan: Galih

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com