Bawaslu Tertibkan 12.432 APK, Bandarlampung Sumbang Terbanyak Pelanggaran

Tanggal 12 Nov 2020 - Laporan - 490 Views
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar memberi sambutan pada Bimtek Panwascam se-Bandarlampung.

MOMENTUM, Tanjungkarang Pusat-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi  Lampung menerima laporan penertiban 12.432 alat peraga kampanye (APK) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Dari delapan kabupaten/kota, Bandarlampung terbanyak catat pelanggaran.

Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Bandarlampung. Kegiatan digelar di Hotel Bukit Randu, Rabu (12-11).

Dari total data 12.432 APK yang melanggar sampai 9 November 2020, hanya 671 APK yang diturunkan oleh tim para kontestan Pilkada 2020. Sedangkan, lainnya ditertibkan jajaran pengawas pemilu dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Iskardo mengatakan pelanggaran pemasangan APK terbanyak di Bandarlampung. "Kota Bandarlampung paling meriah Pilkadanya dengan ada pelanggaran. Contohnya dari 12.432 APK yang ditertibkan, Bandarlampung itu menyumbang dari 50 persen," katanya.

Pelanggaran pemasangan APK karena dipasang pada fasilitas umum, perkantoran, rumah ibadah, sekolah dan pohon pinggir jalan. "Bandarlampung memiliki kekhasan sendiri, memilih walikota serasa pemilihan gubernur meriahnya," ceritanya kepada Komisioner Bawaslu RI Rahmad Bagja.

Terakhir, Iskardo berharap untuk para lemba pengawas untu menjaga stamina supaya terus dapat mengawasi proses Pilkada di delapan kabupaten/kota se-Lampung.(**)

Laporan: Alfanny
Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pilbup Tanggamus, Saleh Asnawi Resmi Gabung G ...

MOMENTUM, Tanggamus--Tokoh masyarakat Kabupaten Tanggamus yang ju ...


Mantap Maju Pilwalkot Bandarlampung, Reihana ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) ...


Made Bagiasa Masuk Bursa Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kader potensial Partai Golkar Lampung ke ...


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com