Amankan Suara Pilkada, Bawaslu Lantik 1700 P-TPS

Tanggal 16 Nov 2020 - Laporan - 546 Views
Pelantikan P-TPS se-Kecamatan Telukbetung Utara. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandarlampung melantik 1700 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS). Pelantikan dilakukan secara berjenjang di masing-masing kecamatan sejak 14-16 November 2020.

"Kita telah melantik P-TPS (Pengawas TPS). Mereka sebagai ujung tombak dari pengawas pemilu," kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah kepada harianmomentum.com, Senin (16-11-2020).

Candra menyebut, P-TPS memiliki beberapa tugas. Diantaranya melakukan pengawasan selama masa kampanye berlangsung, juga pengawasan di masa tenang.

"Mereka juga wajib mengawasi penyampaian logistik dan mengetahui berapa fom C6 (pemberitahuan untuk memilih, red) yang terdistribusi dan yang tidak terdistribusi," sebutnya. 

Terpenting, sambung Candra, P-TPS juga wajib melakukan pengawasan selama proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung. 

"Jajaran Pengawas TPS juga harus melakukan pendokumentasian terhadap C1 Plano, dengan cara memfoto dan memvideokannya minimla lima detik," jelasnya.

Hasil dokumentasi tersebut, nantinya akan dilaporkan secara berjenjang, mulai dari pengawas di tingkat kelurahan, pengawas kecamatan, hingga ke Bawaslu kota. 

"Dokumentasi ini adalah upaya kita dalam menjaga hak pilih warga. Agar tidak ada pergesertan suara yang dilakukan oknum tertentu," terangnya.

P-TPS akan melaksanakan tugasnya selama satu bulan. Mereka mendapat honor Rp650 ribu, ditambah uang makan dan pulsa (khusus di hari pemungutan suara, red).

"Mereka bertugas 23 hari sebelum hari H (pencoblosan, red) dan tujuh hari setelah hari H," ujar Candra.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Tes Calon Anggota PPS Pringsewu Diikuti 903 P ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Minat masyarakat menjadi anggota panitia p ...


Mantap Maju Pilwakot, Iqbal Ardiansyah Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah mera ...


Maju Pilkada 2024, Caleg Terpilih Harus Mundu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim ...


Ketua KPU Diduga Cawe-cawe Soal Rekrutmen PPK ...

MOMENTUM, Kotabumi--Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com