Awasi Perhitungan di TPS, Ketua Bawaslu Bandarlampung Ingatkan Prokes

Tanggal 09 Des 2020 - Laporan - 518 Views
Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah.

MOMENTUM, Bandarlampung--Melakukan pengawasan pencoblosan dan perhitungan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Ketua Bawaslu Bandarlampung mengingatkan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

Ketua Bawaslu Candrawansah mengatakan, semua TPS di Kota Bandarlampung sudah menerapkan prokes, mulai dari menyediakan sarana cuci tangan, melakukan pemeriksaan suhu dan menjaga jarak.

Selama pelaksanaan pencoblosan, kata Candra, KPPS dan pengawas pemilu di TPS selalu mengingatkan masyarakat jika ada kerumunan atau tidak tertib seperti yang tidak memakai masker.

"Salah satu hal penting adalah kesadaran bersama untuk menerapkan prokes. Tidak hanya untuk petugasnya saja, tetapi masyarakatnya juga," ujar Candra ditemui di TPS 08 Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Telukbetung Utara, Rabu (9-12-2020).

Selain itu, kata Candra, tiap TPS juga menyediakan bilik suara khusus yang digunakan bagi pencoblos yang memiliki suhu tubuh diatas 37°C saat dilakukan pengukuran suhu tubuh oleh petugas.

Candra menuturkan, hasil pengawasan di beberapa TPS menunjukkan kegiatan pencoblosan berlangsung kondusif hingga akhir pencoblosan.

Ketua KPU kota Bandarlampung, Dedy Triadi menambahkan, meski dilaksanakan di tengah pandemi covid-19, namun tidak mengurangi antusiasme warga untuk menyalurkan hak demokrasi.

Menurut Dedy, warga tidak khawatir untuk datang ke TPS lantaran melihat penerapan Prokes di TPS yang sangat baik.

Adapun penerapan Prokes yang dimaksud Dedy yakni selain diwajibkan melakukan 3M dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, KPPS juga membagikan sarung tangan untuk warga.

"Sejak semalam semua TPS juga sudah dilakukan penyemprotan desinfektan. Kemudian setiap pemilih yang tidak memakai masker juga diberikan masker. Selain itu TPS juga memberlakukan pembagian jam kedatangan warga," ungkapnya.

Dedy melanjutkan, Pemerintah dan juga KPU tidak menginginkan pelaksanaan pemungutan suara ini menjadikan klaster baru untuk penyebaran covid-19.

"Karena yang paling utama dari politik itu adalah keselamatan dan kesehatan masyarakat. Selain pelaksanaan pilkada ini berjalan kondusif, aman dan sehat bagi penyelenggara, pemilih, maupun dari peserta," pungkasnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com