Diskominfo Pesawaran Usulkan Pembangunan Tower Telekomunikasi

Tanggal 06 Jan 2021 - Laporan - 748 Views
ilustrasi/ ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesawaran mengusulkan pembangunan tower telekomunikasi pada enam lokasi.

Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi (Postel) pada Diskominfo Kabupaten Pesawaran Hendri Aziz mengatakan, usulan pembanguan tower tersebut bagian dari upaya pemerataan akses telekomunikasi dan jaringan internet.

"Tahun ini kita usulkan enam pembangunan menera telekomunikasi di enam lokasi. Ini untuk mengantisipai zona blankspot (daerah tanpa signal), sehingga akses jaringan internet dan telekomunikasi di Pesawaran lebih merata dan lancar," kata Hendri Aziz pada Harianmomentum.com, Rabu (6-1-2020).  

Enam lokasi yang diusulkan untuk pembangunan tower itu: Kecamatan Punduhpedada di Sokamaju dan Rusaba, Kecamatan Waylima di Margodadi, Kecamatan Waykhilau di Bayasjaya, dan sisanya di Kecamatan Wayratai dan Padang cermin.

"Titik koordinat pembangunan menara telekomunikasi itu juga sudah ditentukan. Jadi kita hanya tinggal menunggu proses pembangunannya, karena mekanisme yang membangun adalah pihak provider, bukan dari pemerintah daerah," terangnya.

Dia meminta dukungan dan peran aktif masyarakat untuk kelancaran pembangunan menara telekomunikasi tersebut. "Perlu dukungan dan peran aktif masyarakat, agar prosesnya bisa cepat dan lancar, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Beberapa persyaratan itu, antara lain: jarak tower satu dengan lainnya minimal satu kilometer. Status lahan tempat pembangunan tower tidak boleh bersengketa.

Sebelumnya pada tahun 2020, ada sepuluh menera telekomunikasi yang telah dibangunan di wilayah Kabupaten Pesawaran. Saat ini di kabupaten setempat masiah ada beberapa kawasan blankspot. Terutama di wilayah terpencil atau di daerah kepulauan. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bulog Salurkan Dua Ratus Ton Beras di Mesuji ...

MOMENTUM, Mesuji -- PT Bulog kembali salurkan lebih dari dua ratu ...


ASN Kemenag Diingatkan Tidak Terlibat Judi On ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkunga ...


Tekan Jumlah Pengangguran, Metro Programkan P ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertra ...


Terancam Dibongkar, Pemkab Lampura Tertibkan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com