Pesawaran Siapkan Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

Tanggal 13 Jan 2021 - Laporan - 609 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran terus melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19. Selain sosialisasi dan mengikutsertakan puluhan tenaga medis dalam pelantihan calon vaksinator, persiapan lain pun terus dilakukan. Salah satunya menyiapkan gudang penyimpanan dan refrigerator atau kotak pendingin vaksin.

"Kita sudah menyiapkan gudang dan refrigerator, untuk memudahkan pengamanan dan kontrol vaksin, kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pesawaran Aila Karyus pada Harianmomentum.com, Rabu (13-1-2021).

Dia menerangkan, tempat penyimpan harus bersuhu mulai dari 2 sampai 8 derajat celcius, agar terhindar dari suhu panas yang dapat menurunkan kualitas dan efektifitas vaksin.

 "Kalau di provinsi pakai ruangan, kalau kita menyiapkan alat penyimpanan bernama refrigator vaksin atau kotak pendingin. Saat ini kita unit yang berukuran besar. Satu unitnya itu bisa menampung kurang lebih lima ribu vaksin," terangnya.

Menurut dia, warga yang akan divaksin, terlebih dahulu akan diperiksa kondisi kesehatanya, apakah punya riwayat penyakit tertentu atau tidak.

"Hanya pengecekan biasa saja, seperti menanyakan selama ini menderita penyakit apa. Kalau untuk para nakes yang akan lebih dahulu divaksin, memang sudah ada rekam riwayat medisnya," jelansya.

Selain itu, sosialisasi terhadap masyarakat terkait keamanan vaksin tersebut juga terus dilakukan.

"Kita juga terus lakukan sosialisasi pada mayarakat melalui media sosial resmi milik Pemkab Pesawaran dan juga puskesmas di seluruh kecamatan," ungkapnya.

Terkait waktu pelaksanaan vaksinasi tersebut, dia belum dapat memastikan. Pihaknya masih menunggu jadwal dari kementerian kesehatan dan Pemprov Lampung. "Kalau jadwal kita masih menunggu informasi. Kemungkinan bulan Februari," ujarnya.

Diketahuui, untuk tahap pertama Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengajukan 243 ribu orang sebagai sasaran vaksinasi. Dari jumlah tersebut, 1.500 diantaranya adalah para tenaga kesehatan. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bulog Salurkan Dua Ratus Ton Beras di Mesuji ...

MOMENTUM, Mesuji -- PT Bulog kembali salurkan lebih dari dua ratu ...


ASN Kemenag Diingatkan Tidak Terlibat Judi On ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkunga ...


Tekan Jumlah Pengangguran, Metro Programkan P ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertra ...


Terancam Dibongkar, Pemkab Lampura Tertibkan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com