Vaksin Covid-19 Tiba di Pesawaran

Tanggal 21 Jan 2021 - Laporan - 892 Views
Jajaran Pemkab Pesawaran menyambut kedatangan vaksin covid-19

MOMENTUM, Gedongtataan--Vaksin covid-19, akhirnya tiba di Kabupaten Pesawaran. Kedatangan vaksin tersebut  menjadi harapan baru, untuk menekan penyebaran virus berbahaya tersebut.

Pantauan Harianmomentum.com, paket vaksin tersebut diangkut menggunakan truk box dengan nomor polisi BE 9904 BZ dan tiba di halaman kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran, Kamis (21-1-2020) sekitar pukul 11.00 WIB. 

Pengiriman vaksin tersebut dikawal ketat sejumlah anggota Polda Lampung, Brimob dan Polres Pesawaran.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung diwakili Kepala Instalasi Farmasi Aris Aviantono mengatakan, pendistribusian vaksin akan dilakukan secara bertahap.

"Ya, ini merupakan distribusi kita yang pertama kali untuk  Kabupaten Pesawaran. Jumlahnya 2.640 dosis vaksin yang kita distribusikan ke sini, jadi untuk distribusinya memang secara bertahap sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan," kata Aris pada Harianmomentum.com.

Selain vaksin, pemprov juga mengirim 2.640 alat suntik, 50 safety box 50 serta alkohol swab 2700 lembar. 

Jumlah vaksin yang didistribusikan itu, memang belum memenuhi kebutuhan yang diusulkan Pemkab Pesawaran. Karena itu, proses vaksinasi dilakukan dengan menerapkan skala prioritas.

"Tadinya memang mau kita dropping pada tahap kedua sekaligus, tapi karena kebutuhan kita prioritaskan untuk segera dikirimkan ke Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus, dan yang pertama mendapatkan vaksin ini kita fokuskan untuk tenaga kesehatan dan beberapa pejabat rorkopimda," terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan, segera  berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memulai vaksinasi tersebut.

"Besok kita akan rapatkan dulu, bagaimana teknis pendistribusian vaksin tersebut kepada Puskesmas secara serentakl. Nanti setelah sampai di faskes yang kita miliki, baru akan kita jadwalkan untuk mulai melakukan vaksinasi secara serentak," kata Kesuma Dewangsa.

Dia berharap, proses distribusi dan pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan lancar. "Kita targetkan vaksinasi selasai tahun ini. Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar. Sosialisasi juga terus kita lakukan pada masyarakat," ungkapnya.

Menurut dia, total jumlah vaksin yang diusulkan Pemkab Pesawaran mencapai 243 ribu dosis.

"Kita usulkan 243 dosis. Namun, pengirimanya secara bertahap. Hari ini yang sudah kita teriama 2.640 dosis. Ada 1.320 tenaga kesehatan yang menjadi prioritas utama vaksinasi tahap pertama ini. Ditambah jajaran forkopimda dan para pejabat pemkab," jelasnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bulog Salurkan Dua Ratus Ton Beras di Mesuji ...

MOMENTUM, Mesuji -- PT Bulog kembali salurkan lebih dari dua ratu ...


ASN Kemenag Diingatkan Tidak Terlibat Judi On ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkunga ...


Tekan Jumlah Pengangguran, Metro Programkan P ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertra ...


Terancam Dibongkar, Pemkab Lampura Tertibkan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com