Separuh Jiwaku di Sektor Pertanian

Tanggal 10 Mar 2021 - Laporan - 646 Views
Kadis Perkebunan Provinsi Lampung, Ir Achmad Chrisna Putra, MR. M.EP, secara simbolis menyerahkan kartu asurasi nelayan berjaya.

MOMENTUM, Buminabung--Separuh jiwaku ada di sektor pertanian, ungkapan itu disampaikan Bupati Musa Ahmad saat menghadiri panen raya padi gogo serta perluasan areal tanaman baru (PATB) di Buminabung Ilir Kecamatan Buminabung Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (10-3-2021).

Musa Ahmad mengatakan akan terus berupaya meningkatkan potensi pertanian karena sektor tersebut sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat di Lampung Tengah (Lamteng).

"Peningkatan sektor pertanian termasuk kebutuhan vitas (sangat penting) sehingga kita harus terus mengembangkannya," kata dia.

Soal infrastruktur jalan, Bupati Musa meminta masyarakat bersabar, karena di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) banyak proses yang wajib diikuti, khususnya penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Pandemi Covid-19 saat ini, tanpa adanya kesadaran dari masyarakat yang tidak mematuhi prokes, tentunya tidak akan mungkin menyelesaikan insfrastruktur khususnya jalan. Maka dari itu, saya minta semua pihak untuk mematuhi prokes dimanapun berada," kata dia.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Arinal Junadi yang diwakili Kadis Perkebunan Provinsi Lampung, Ir Achmad Chrisna Putra, MR. M.EP, atas kehadirannya dalam kegiatan itu.

"Kehadiran pak Achmad Chrisna juga membawa angin segar dari Gubernur Arinal, karena pembangunan infrastruktur jalan akan selesai pada tahun 2022 mendatang," ujarnya.

Mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, Kadis Perkebunan Ir Achmad Chrisna Putra, MR. M.EP mengatakan Kabupaten Lamteng merupakan daerah agraris dengan sektor pertanian yang  memberikan kontribusi sebesar 33 persen.

"Lampung Tengah berhasil menghasilkan tanaman padi yang ditanam di lahan kering tanpa menggunakan irigasi dan dapat diaplikasikan di daerah hujan rendah," kata Kadis Pehutanan itu. 

Selain itu, salah satu program prioritas pemerintah adalah membangun sektor pertanian berbasis cluster dengan menitikberatkan pada peningkatan kegiatan.  

Chrisna menambahkan ada program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk mendorong kesejahteraan petani salah satunya dengan kartu petani berjaya. 

"Selamat atas panen ini semoga hasil panen kian menambah motivasi untuk lebih meningkatkan produksi dan produktivitas pada musim tanam berikutnya," ujarnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI yang diwakili Direktorat Serealia David Aprianto, anggota DPRI Hanan A Rajak dan pejabat lainnya.(**)

Laporan: Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com