Bina Keagamaan Napi, Rutan Kotaagung Gandeng Kemenag

Tanggal 17 Mar 2021 - Laporan - 433 Views
Kepala Rutan II Akhmad Sobirin Soleh dan Kepala Kantor Kemenag Murdi Amin, tandatangani MoU.

MOMENTUM, Kotaagung--Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, berupaya memberikan pembinaan keagamaan terbaik kepada narapidana atau napi.

Untuk itu, Rutan II Kotaagung menjalin bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Tanggamus. Naskah kerjasama atau MoU ditandatangani Kepala Rutan II Akhmad Sobirin Soleh dan Kepala Kantor Kemenag Murdi Amin, Selasa (16-3-2021). 

Penandatangan kerjasama dilakukan di sela peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam yang digelar di Masjid At-Taubah yang ada di Rutan II Kotaagung. Dengan penceramah, Ustad Wandi Junaidi dari Majelis Taklim Nurul Falah Kotaagung. 

Dalam sambutannya, Sobirin mengatakan kegiatan hari ini merupakan puncak acara peringatan Isra Mikraj. Sebelumnya, sejumlah rangkaian kegiatan sudah dilakukan bersama narapidana.

"Minggu lalu kami mengadakan lomba cerdas cermat warga binaan (napi). Dua pemenang mewakili kamar hunian. Hari ini kita bersama-sama mendengarkan siraman rohani dari Ustad Wandi untuk mempertebal iman dan taqwa," kata Sobirin. 

Sementara kerjasama dengan Kemenag, kata dia, bertujuan meningkatkan kualitas pembinaan agama bagi napi di Rutan Kotaagung. Pembinaan keagamaan juga diberikan kepada seluruh napi, sesuai dengan agamanya masing-masing.

Sobirin berharap, kerjasama ini membawa perubahan yang positif untuk pembinaan kepribadian napi,  termasuk menangkal paham radikalisme.

Pada kesempatan itu,  Sobirin dan Murdi Amin menyerahkan bingkisan hadiah kepada dua pemenang lomba. Juga penghargaan berupa alat sholat kepada dua orang. Widiyanto yang dinilai paling rajin mengikuti pengajian rutin, dan Rakum yang hafal 28 surah dalam Alquran. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Konfirmasi Soal Limbah Tapioka PT BW, Kendara ...

MOMENTUM, Tulang Bawang--Dedi, wartawan di Kabupaten Tulang Bawan ...


Nasdem Undang Putra Putri Terbaik Ikut Penjar ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Buka penjaringan bakal calon kepala daer ...


Satres Narkoba Lamteng Tangkap Bandar Sabu ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bandar narkoba berhasil diringkus oleh ...


Ahli Hukum dari Unila Soroti Kasus Dugaan Kor ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Tiyuh ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com