Bupati Musa Berharap Lamteng Kembali Terima Anugrah Parahuta Ekapraya

Tanggal 18 Mar 2021 - Laporan - 517 Views
Bupati Lamteng, Musa Ahmad saat mengikuti acara verifikasi lapangan dalam rangka Anugrah Parahita Ekapraya (APE). Foto: ist

MOMENTUM, Lampung Tengah--Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Musa Ahmad hadir dalam acara verifikasi lapangan dalam rangka Anugrah Parahita Ekapraya (APE).

Acara berlangsung di ruang BJW, Kompleks Rumah Dinas Bupati Lampung Tengah atau Sesat Agung Nuwo Balak pada Kamis 18 Maret 2021.

Bupati didampingi beberapa kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah.

“APE merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” kata Agustina Erni, Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Kemen PPPA pusat dalam sambutannya.

Menurut dia, Anugerah Parahita Ekapraya adalah suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dengan menunjukkan kondisi kesejahteraan orang lain.

Kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Dijelaskan Agustina, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya diberikan berdasarkan sejumlah indikator penilaian. Indikator itu untuk menakar keberhasilan sebuah daerah dalam pelaksanaan rangkaian program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Adapun indikator penilaiannya antara lain mengenai kelembagaan, dukungan forum, komitmen pemerintah, pengarusutamaan gender, pelindungan terhadap kekerasan pada perempuan dan anak, serta partisipasi masyarakat dan penguatan kelembagaan,” sebutnya.

Sementara, Bupati Musa Ahmad mengatakan bahwa dua dan Wakil Bupati Lampung Tengah terus melaksanakan strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan antara perempuan dan laki-laki.

Hal itu dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kaum difabel.

Bupati Musa juga mengimbau perangkat daerah yang ditunjuk sebagai perwakilan pemerintah daerah dalam proses replikasi lapangan oleh kementerian PPPA dapat mengikuti proses verifikasi dengan sebaik-baiknya.

Tujuannya agar Lampung Tengah kembali dapat menorehkan prestasi. Prestasi tersebut diharapkan dapat lebih tinggi dari yang telah didapatkan pada 2018 lalu.

"Saya berharap semua bergerak aktif dan mengikuti prosesnya dengan sebaik-baiknya. Kita semua berharap Lampung Tengah kembali mendapat prestasi dan bisa mendapatkan Anugrah Parahuta Ekapraya ini," kata Bupati Musa.

Sebelumnya Lampung Tengah pernah mendapat penghargaan APE dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia  pada tahun 2018.(rls)

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com