Jaminan Kerja, Disnaker Siap Fasilitasi Lulusan SMK di Bandarlampung

Tanggal 22 Mar 2021 - Laporan - 621 Views
Kepala Dinas Tenaga Kerja Bandarlampung Wan Abdurrahman saat ditemui di ruang kerjanya pada beberapa waktu lalu. Foto: Dok HM

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandarlampung menyatakan kesiapannya dalam memfasilitasi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk memperoleh jaminan pekerjaan.

Hal itu disampaikan Kepala Disnaker Bandarlampung Wan Abdurrahman, Senin (22-3-2021). "Jangan sampai ada yang menganggur setelah lulus," ujar dia.

Untuk itulah, Wan Abdurrahman meminta lembaga bursa kerja khusus (BKK) di tiap SMK dapat mendata para siswa agar mendapat kartu kuning atau surat pencari kerja yang tercatat di Disnaker Bandarlampung.

"Teknisnya BKK dapat mencatat nama-nama tersebut secara kolektif. Kemudian difasilitasi guna dibuatkan kartu kuning," ujarnya.

Setelah hal tersebut dilakukan, Disnaker Bandarlampung akan mempertemukan para pengusaha dengan pihak SMK guna menjalin kerja sama.

"Kita akan berusaha menjalin komunikasi kepada para pengusaha agar membuka lapangan pekerjaan guna menampung lulusan SMK sesuai kebutuhan kerja," jelasnya.

Meski demikian, dia menyebutkan Disnaker Bandarlampung tetap melihat kompetensi yang dimiliki siswa SMK sesuai yang dibutuhkan dunia usaha.

"Intinya kita tidak akan sembarangan dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang akan memasuki dunia kerja," pungkasnya. (**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com