Panen Raya, DKP3 Metro Salurkan Bantuan Alsintan

Tanggal 24 Mar 2021 - Laporan - 562 Views
Walikota Metro Wahdi Siradjuddin panen raya padi musim tanam perdana di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara,

MOMENTUM, Metro--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah pusat kepada sejumlah kelompok tani. Selain alsintan juga diserahkan bantuan pakan ternak dan bibit ikan.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin bersamaan pada panen raya padi musim tanam pertama, di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Metro Utara, Rabu (24-3-2021).

Pada kesempatan itu, waliKota mengatakan saat ini luas lahan persawahan produktif di Kota Metro  mencapai lebih kurang 2984 hektare. "Hasil panen hari ini kurang lebih 6,4 ton perhektare dan menurut Bulog hasil panen kita cukup baik," kata walikota.

Dia berharap, hasil panen padi petani bisa menopang pencapaian swasembada pangan di Kota Metro. Terlebih dengan perhatian pemerintah kepada kelompok tani dengan memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana budidaya untuk mendongkrak produksi padi para petani.

Wahdi juga mengimbau DKP3 Kota Metro terus melakukan terobosan mencari solusi dpermasalahan bidang pertanian, seperti: kebutuhan air, pupuk dan lainnya.

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, bantuan alsintan yang diserahkan kepada poktan itu: sepuluh pompa air, tiga unit traktor roda dua, satu unit traktor roda empat, pakan ternak, dan bibit ikan. 

"Selain bantuan alsintan yang diberikan kepada kelompok tani, P3A dan KWKWT. Pembangunan dan perbaikan jaringan tresier, irigasi juga terus dilakukan. Tujuannya agar segala macam kebutuhan pertanian terpenuhi," kata Heri Wiratno.  

Dia menambahkan, DKP3 juga sedangan mengusulkan banatuan pertanian untuk  tahun 2022 mendatang. 

"Swakelola dan sumber dana dari DAK dan APBD, sekitar Rp4,1 miliar. Untuk tahun mendatang lagi pengusulan bantuan ke pemerintah pusat. Jika di ACC, bantuan diberikan kepada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan. Biar merata," jelasnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jabatan Pj Bupati Mesuji dan Tubaba Berakhir ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji ...


Pringsewu Wakili Lampung Pawai Kendaraan Hias ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Kabupaten Pringsewu mewakili Provinsi Lamp ...


Walikota Metro Evaluasi Program Kerja OPD ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin mengevaluasi p ...


Metro Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Lal ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro melakukan seleksi pelajar ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com