Target Pendapatan Lamsel pada 2020 Terealisasi Rp2,1 Triliun

Tanggal 01 Apr 2021 - Laporan - 584 Views
Bupati Lampung Selatan Nanag Ermanto mengikuti Rapat Paripurna DPRD setempat.

MOMENTUM, Kalianda--Target pendapatan Lampung Selatan pada tahun 2020 sebesar Rp2 triliun, terealisasi Rp2,109 triliun.

Sementara pendapatan asli daerah atau PAD yang ditagetkan sebesar Rp271,336 miliar, terealisasi Rp275,105 miliar.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Selatan atau Lamsel, Nanang Ermanto dalam Rapat Paripurna DPRD setempat melalui aplikasi zoom meeting dari Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Rabu (31-3-2021).

Rapat dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya, Nanang menyebutkan target belanja sebesar Rp2,371 triliun  terealisasi Rp2,221 triliun. “Belanja tidak langsung sebesar Rp1,430 triliun terealisasi Rp1,365 triliun,” jelasnya.

Selanjutnya, Nanang mengatakan, LKPJ yang disampaikan merupakan informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang disusun setelah tahun anggaran berakhir yang disusun sebagai perwujudan dari pelaksanaan otonomi daerah.

“Hal ini sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik,” kata Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kesejahteraan masyarakat di Lampung Selatan cenderung mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari menurunnya persentase penduduk miskin dibandingkan dengan tahun 2019.

“Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Lampung Selatan turun sebesar 0,23% dari 14,31% pada tahun 2019 menjadi 14,08% pada tahun 2020,” papar Nanang.  

Kemudian lanjut Nanang, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lampung Selatan menduduki peringkat ketujuh dari kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

“Nilai IPM Lampung Selatan sebesar 68,36 dimana peringkat pertama diduduki oleh Kota Bandarlampung dengan nilai IPM nya sebesar 77,47,” tutur Nanang.

Dalam kesempatan itu, Nanang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta para pejabat utama dan kepala OPD di lingkungan pemkab setempat. 

Sementara, rapat paripurna berlangsung di Gedung DPRD Lamsel dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Agus Sartono, didampingi Wakil Ketua II Agus Sutanto.

Rapat paripurna dihadiri 41 anggota dewan dari jumlah 50 orang anggota DPRD yang ada. Rinciannya, hadir secara fisik sebanyak 23 orang, hadir melalui aplikasi virtual meeting 18 orang, dan sisanya izin 9 orang. (*)

Laporan: Endri

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


HUT ke-59, PGN Tegaskan Rencana Strategis Dor ...

MOMENTUM, Jakarta--PT PGN Tbk tepat berusia 59 tahun pada 13 Mei ...


Stan Dekranasda Pringsewu Terbaik Pertama Lam ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasd ...


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com