Pj Ketua PKK Pesibar Ajak Ibu Rumah Tangga Lebih Berinovasi

Tanggal 07 Apr 2021 - Laporan - 498 Views
Pembukaan pelatihan pembuatan media tanam aquaponik, di Sekretariat PKK, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (7-4-2021).

MOMENTUM, Krui--Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Barat, Mislaila Bambang Sumbogo mengajak ibu rumah tangga lebih berinovasi dalam menyejahterakan keluarga.  

Hal itu disampaikan saat membuka pelatihan pembuatan media tanam aquaponik, di Sekretariat PKK, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (7-4-2021).

Mislaila mengatakan Ibu merupakan sosok yang berperan penting bagi setiap individu baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat maupun negara dan agama. Oleh karena itu, selaku ibu rumah tangga harus banyak-banyak berinovasi dalam rangka mensejahterakan keluarga. 

"Saya berharap supaya pelatihan ini diikuti dengan seksama, agar setelah kegiatan ini berakhir kita akan mampu mempratekannya di rumah kita masing-masing," ujarnya.

Jika kita sudah mampu membuat media tanam dengan aquaponik atau hidroponik, maka secara otomatis akan menambah penghasilan kita. "Yang tadinya kita setiap mau numis kangkung beli di tukang sayur atau pasar. Setelah kita budidaya sendiri maka tidak lagi beli sehingga akan mengurangi pengeluaran di rumah tangga kita," ujar Istri Pj Bupati Pesibar Bambang Sumbogo itu.

Begitu halnya budidaya ikan, seandainya bosan dengan ikan laut atau sedang mahal (ikan laut) maka bisa mengkonsumsi ikan air tawar hasil ternak sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. "Ini berarti kita sudah membantu suami kita dalam hal pemenuhan kebutuhan rumah tangga kita," ujarnya. 

Dia mengajak semua ibu rumah tangga untuk selalu kreatif dalam menjalankan kehidupan berumahtangga. "Tentu hal ini bisa kita lakukan, apapun bisa kita lakukan dengan kata kunci tidak malas," tegasnya.

Untuk itu, Mislaila mengajak berlomba-lomba untuk melakukan budidayakan ikan dan sayuran dengan aquaponik di lingkungan rumah masing-masing. 

Turut hadir narasumber dari dinas pertanian, ketua dharma wanita, dan 11 ketua TP Pkk kecamatan se kabupaten Pesisir Barat.(**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com