Pesawaran Segara Input Data Penerima Bantuan UMKM

Tanggal 27 Apr 2021 - Laporan - 455 Views
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pesawaran Sri Hartati

MOMENTUM, Gedongtataan--Guna menjamin lancarnya gerak roda perekonomian masyarakat, pemerintah pusat kembali akan mengucurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro. Bantuan tersebut ditujukan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pesawaran Sri Hartati mengatakan, melalui program tersebut, setiap pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan modal usaha Rp1,2 juta.

"Kita hanya memfasilitasi pendataan dan pendaftaran bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan tersebut. Jadi tidak ada target seberapa banyak UMKM yang akan menerima bantuan karena realisasinya yang menentukan itu dari pemerintah pusat," kata Sri Hartati pada Harianmomentum.com, Selasa (27-4-2021).

Dia menyebut, jumlah bantuan untuk tiap pelaku UMKM, berbeda dari program yang sama di tahun sebelumnya.

"Kalau untuk tahun lalu dianggarkan Rp2,4 juta. Sekarang hanya Rp1,2 juta untuk setipa penerima bantuan UMKM. Hari ini sudah terakhir untuk pendaftaran, mulai besok kita sudah mulai menginput data dan kita kirimkan ke pusat," terangnya.

Dinas Koperasi dan UMKM Pesawaran bekerjasama dengan aparat kecamatan dan desa dalam proses pendataan dan pendaftaran pelaku UMKM yang akan menerima bantuan tersebut.

"Kan kepala desa dan camat yang lebih tahu warganya, mana yang harus diberikan bantuan, dan mana yang tidak. Karena itu, kita melibatkan aparat kecamatan dan desa dalam proses pendataan dan pendaftaran calon penerima bantuan ini," jelasnya.

Dia menambahkan, warga yang sudah mendapat bantuan seperti BLT ,tidak diperkenankan untuk mendaftar sebagai calon penerima bantuan UKMK.

"Kalau dari aturan, ya untuk warga yang sudah dapat bantuan sebelumnya seperti BLT dan lain-lain, tidak boleh lagi mendaftar," tegasnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com