Sejumlah Petinggi Negara Cek Kesiapan Penyekatan Arus Mudik di Lampung

Tanggal 09 Mei 2021 - Laporan - 532 Views
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Lampung menjadi salah satu provinsi yang menjadi sorotan pemerintah pusat dalam pelaksanaan penyekatan peniadaan arus mudik menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Hal itu terlihat saat sejumlah petinggi negara hadir langsung ke Pelabuhan Bakauheni guna mengecek kesiapan penyekatan arus mudik di Lampung, Minggu (9-5-2021).

Antara lain: Ketua DPR RI Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BNBP Doni Munardo.

Selain Lampung, Puan dan rombongan juga akan mengecek kesiapan penyekatan arus mudik di Provinsi Banten dan Jawa Tengah.

Puan menyebutkan, keberhasilan kebijakan peniadaan mudik lebaran 2021 bisa dilakukan dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Termasuk kesadaran masyarakat untuk tidak mudik terlebih dahulu.

"Perlu konsitendi dalam melaksanakan larangan mudik. Pemerintah daerah juga harus ikut membantu program ini. Khususnya memantau para pemudik yang pulang sebelum larangan di terapkan," jelasnya.

Menurut dia, larangan itu diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

Karena itu, Puan mengajak masyarakat untuk bersabar dan menunda mudik lterlebih dahulu. "Mari kita menunda mudik demi kebaikan bersama," ajaknya.

Sementara, Gubernur Arinal Djunaidi memaparkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bekerja sama dengan Forkopimda telah melakukan penyekatan di sejumlah lokasi.

Arinal menyebutkan, hal itu untuk mendukung Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Serta Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Ramadan.

Karena itu, gubernur terus mengimbau masyarakat untuk jangan melakukan perjalanan mudik dan berada di rumah saja.

Menurut gubernur, masyarakat bisa berhubungan dengan keluarga dikampung melalui via telephone atau videocall tanpa harus bertatap muka langsung. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


Gubernur Segera Memasuki AMJ, DPRD Sebut Belu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal m ...


Pemkab Tulangbawang Gelar Sosialisasi dan Pel ...

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melakuka ...


Tahun Ini, Dana Desa untuk Kabupaten Mesuji R ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dana desa untuk Kabupaten Mesuji, Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com