Lantik 34 Pjs Kades, Ini Pesan Bupati Pesawaran

Tanggal 21 Mei 2021 - Laporan - 803 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melantik 34 Pjs Kades dari lima kecamatan

MOMENTUM, Gedongtataan--Seluruh aparat desa harus menjadi pelopor masyarakat dalam menerapakan protokol kesehatan dan  menjaga situasi kondusif menjelang pemlihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pesawaran.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesawaran saat melantik 34 Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa di aula kantor pemkab setempat,Jumat (21-5-2021).  

Para Pjs kades yang dilantik itu berasala dari lima kecamatan: Telukpandan, Padangcermin, Wayratai, Margapunduh, dan Kecamatan Punduhpidada.

"Selain mempersiapkan pemilihan kepala desa, tugas utama Pjs Kepala Desa adalah melanjutkan program pemerintahan dan pembangunan selama masa transisi kepemimpinan desa," kata bupati.

Dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut, lanjut dia, yang harus menjadi pertahian serius saat ini adalah mengoptimalkan upaya cegah penularan covid-19 dan menjaga situasi kondisuf.  

"Utamanya harus menjaga situasi kondusif di desa, serta mampu menekan penyebaran Covid-19.  Jika desa berstatus zona merah, maka Pilkades akan ditunda. itu artinya Pjs kades wanprestasi (tidak atau gagal melaksanakan tugas yang diemban)," terangnya.

Bupati juga mengingatkan, agar para Pjs atau kepala desa yang tidak lagi mencalokan diri, tetap menjaga netralitas dalam seluruh pelaksanaan pilkades. 

"Netralitas Pjs kades dalam seluruh tahapan pilkades harus dikedepankan untuk mencegah gejolak yang bisa memicu situasi desa tidak kondusif," imbaunya.

Aparat desa juga harus meginventarisir permasalahan desa, termasuk pencegahan dan pengangan pandemi covid-19. "Inventarisir seluruh persoalan. Aktifkan satgas penanganan pamdemi covid-19 tingkat desa, agar program pencegahan pandemi berjalan lebih efektif," pintanya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Muniza

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com