Antisipasi Covid, Walikota Metro Intruksikan RT Data Pendatang

Tanggal 26 Mei 2021 - Laporan - 887 Views
Walikota Metro Wahdi Siradjuddin monitoring kesiapan kelurahan dalam penanganan Covid-19.

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin meminta perangkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) mendata pendatang dari luar wilayah di lingkungan setempat.

Walikota Wahdi mengatakan upaya tersebut bertujuan agar pendatang di Kota Metro terdata dan dipastikan aman dari Covid-19.

“Seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat harus bergerak bersama-sama dalam memutus rantai penularan virus corona ini. Jadi setiap orang yang keluar masuk setiap kecamatan, harus lapor ke RT dan RW. Petugas RT, RW juga harus tanggap apabila ada orang luar daerah yang datang ke wilayahnya,” kata Walikota Metro, Rabu (26-5-2021).

Wahdi mengimbau, penanganan pertama jika ada orang yang mengalami gejala batuk, demam dan sesak nafas dan ada riwayat perjalanan, maka pelayanan dilaksanakan di tempat khusus.

“Jika hasil pemeriksanaanya menunjuk ke gejala ringan maka pasien akan dianjurkan untuk isolasi selama 14 hari dengan terus berkomunikasi dengan petugas kesehatan. Jika pasien dengan gejala serius maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Selain itu, Wahdi meminta pengurus KTN di wilayah masing-masing rutin berkoordinasi langsung dengan RT dan RW dalam penanggulangan Covid-19.

“Jangan lupa, pemberlakuan pembatasan dalam skala mikro tetap diberlakukan di setiap kecamatan dan juga kelurahan," ucapnya. 

Walikota menambahkan, kedepan pihaknya akan rutin melakukan evaluasi dan monitoring untuk mengecek kesiapsiagaan kelurahan dan kecamatan dalam penanganan pasien Covid-19.

"Fasilitasnya juga harus sesuai standar kesehatan, termasuk kesiapan peralatan, bahan medis habis pakai, dan sumber aya manusianya," pungkasnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com