Dinkes Pesawaran Fokus Vaksinasi Guru dan Lansia

Tanggal 06 Jun 2021 - Laporan - 411 Views
Plt Kadiskes Pesawaran, Yasmin.

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran fokus melakukan vaksinasi bagi warga lanjut usia (Lansia) dan guru yang akan melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli 2021. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pesawaran Yasmin mengatakan, masyarakat lansia di Pesawaran tercatat kurang lebih 40 ribu sedangkan untuk guru terdaftar sekitar 8.000.

"Jadi kalau untuk data lansia kita peroleh dari Disdukcapil Pesawaran serta pengajuan dari masing-masing desa, kemudian kita verifikasi sehingga tidak ada data ganda, sedangkan untuk guru itu sesuai data Disdik," terang Yasmin, Minggu (6-6-2021).

Menurut Yasmin, dari jumlah delapan ribu data guru yang ada di KabupatenPesawaran, dua ribu diantaranua telah divaksin. Vaksinasi bagi tenaga pendidik maupun lansia ditarget rampung pada akhir tahun 2021.

Dia mengatakan, Pemkab Pesawaran pada tanggal 2 Juni kemarin kembali menerima sebanyak 7.600 dosis vaksin, jumlah ini yang nantinya akan dibagi di setiap Puskesmas yang ada di 11 kecamatan dan RSUD Pesawaran untuk melakukan vaksinasi. 

"Jadi setiap Puskesmas itu kita membagi jadwal vaksinasi kapan untuk lansia kapan untuk guru, untuk para lansia dapat di vaksin harus membawa E-KTP datang ke Puskesmas karena kita prioritaskan untuk warga Pesawaran dahulu, dan sebelum di vaksin juga kita cek kesehatan terlebih dahulu," kata dia.

Untuk sosialisasi vaksin bagi para lansia ini, pihak Dinkes Pesawaran melakukan koordinasi dengan para kader Posyandu lansia agar dapat memberikan pemahaman kepada peserta vaksin yang berusia lanjut.

"Tidak sedikit masyarakat lansia yang takut untuk di vaksin, maka dari itu kita perlu mensosialisasikan kepada mereka dengan cara para kader posyandu lansia ini memberikan pemahaman kepada mereka, kalau vaksin ini aman dan halal," kata dia.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com