Listrik Desa di Semaka Diresmikan

Tanggal 16 Jun 2021 - Laporan - 704 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani saat peremian listrik desa di Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka.

MOMENTUM, Semaka--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan pengopersian listrik desa atau lides di Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Rabu (16-6-2021).

Hadir pada peresmian itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Dandim 0424 Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Senior Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung Mimin Milasari, serta sejumlah penjabat setempat.

Mimin mengaku terharu melihat antusias warga yang daerahnya belum teraliri listrik bergotong-royong membangun jalan atau jembatan. Bahkan, membantu petugas PLN yang membawa peralatan agar daerahnya dapat terpasang jaringan listrik.

Menurut dia, daerah yang belum teraliri listrik karena beberapa faktor. Antara lain, akses jalan yang sulit dilintasi kendaraan untuk membawa material atau wilayahnya berada di pelosok.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat di sini yang antusias agar jaringan listrik dapat masuk dengan bergotong-royong membantu petugas-petugas PLN," katanya.

Pembangun listrik desa, kata dia, untuk mendukung program Indonesia terang. Pemkab Tanggamus terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik.

Pembangunan jaringan listrik di Kabupaten Tanggamus saat ini telah mencapai rasio elektrifikasi di atas 90 persen. Diharapkan pada 2023 sudah mencapai 100 persen.

"Selain listrik dari PLN, kami juga mengupayakan energi alternatif melalui tenaga surya atau PLTS untuk daerah terpencil," katanya. 

Disebutkan, saat ini di Kabupaten Tanggamus memiliki 11 PLTS yang terbesar di Kecamatan Kelumbayan, Pematangsawah dan Cukuhbalak yang menerangi lebih dari 2000 rumah warga Margomulyo.

PLN akan berupaya meningkatkan keandalan jaringan listrik dan dapat mengantisipasi gangguan yang diakibatkan oleh fenomena alam. Seperti pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor. Dinas terkait diharapkan membantu memfasilitasi mengatasi permasalahan yang dihadapi PLN. Juga, meminta masyarakat menjaga jaringan listrik PLN.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan apresiasi terhadap PLN yang telah membangun jaringan listrik desa, terutama di Pematangsawah dan Semaka.

Dewi mengatakan masuknya jaringan listrik di desa, akan berdampak luas, baik ekonomi maupun kemajuan lainnya.

Pada kesempatan itu, Dewi mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan pandemi Covid-19 yang belum berakhir. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com