Gubernur Dukung Program Siger Donor Darah

Tanggal 21 Jun 2021 - Laporan - 388 Views
Gubernur arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi mendukung Program Siger (saatnya ikut bergerak untuk rakyat)  melalui kegiatan donor darah yang digagas Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung Riana Sari Arinal.

Menurut Arinal, dengan adanya program tersebut akan mendorong masyarakat untuk mendonorkan darahnya bagi yang membutuhkan.

"Saya mengapresiasi gerakan ini. Semoga banyak masyarakat yang terdorong hatinya untuk ikut mendonorkan darahnya secara rutin," kata Arinal peluncuran program Siger Donor Darah di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Bandarlampung, Senin (21-6-2021).

Gubernur juga meminta jajaran Forkopimda Lampung, pengusaha, perguruan tinggi dan lainnya untuk mendukung program tersebut.

Terlebih, Arinal menilai, donor darah memberi dampak positif untuk tubuh. Sebab mampu mengurangi resiko penyakit jantung,  membakar kalori dan menurunkan resiko kanker. Serta masih banyak efek positif lainnya.

"Tetapi karena kita sedang dalam pandemi covid-19, saya harap bisa menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan donor darah," jelasnya.

Sementara, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, gerakan tersebut sekaligus memperingati Hari Donor Darah se-Dunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2021.

Menurut Riana, program Siger Donor Darah bermula saat dirinya mencanangkan gerakan untuk saling berbagi bahan sembako dengan masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Seiring berjalannya waktu gerakan tersebut meluas ke berbagai sektor, termasuk Donor Darah bagi masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penobatan Duta Donor Darah Provinsi Lampung yang telah melaksanakan donor darah sebanyak 113 kali. Kemudian pemberian piagam penghargaan secara simbolis kepada Pendonor Sukarela. Penghargaan juga diberikan kepada kelompok donor terbaik dimasa pandemi yakni PTPN7, Rumah Makan Bunda, Masjid Al-Falah, dan Hotel Golden Tulip Springhill.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Lampung, PMI, Forkopimda, BUMD,  Perguruan Tinggi, Swasta, dan berbagai organisasi kemasyarakatan, untuk dapat berkomitmen melaksanakan kegiatan donor darah secara berkala untuk memenuhi kebutuhan darah di Lampung. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com