Waringinsari Timur Jadi Desa Sadar Kerukunan

Tanggal 23 Jun 2021 - Laporan - 440 Views
Pekon Waringinsari Timur, ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Adiluih--Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Pringsewu.

Bersamaan dengan itu, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi didampingi Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Marwansyah juga meresmikan Saung Kerukunan Umat Beragama di Waringinsari Timur, Selasa (22-6-2021).

Wabup Pringsewu dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan hasil kerjasama Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

"Adanya Desa Sadar Kerukunan ini merupakan wujud nyata kebersamaan yang diidam-idamkan untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Menurut Fauzi, Waringinsari Timur sebenarnya direncanakan akan ditetapkan menjadi Desa Pancasila. "Antara Desa Sadar Kerukunan dan Desa Pancasila ini, konsepnya hampir sama, dengan salah satu persyaratan yakni penduduknya memiliki keanekaragaman agama dan kepercayaan," katanya.

Sedang untuk Saung Kerukunan Umat Beragama, merupakan terobosan bersama Kementerian Agama Pringsewu dengan FKUB. Karena di buku panduan hanya dikenal Desa Sadar Kerukunan.

"Dengan demikian, Saung Kerukunan Umat Beragama yang merupakan yang pertama kali dan satu-satunya di lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Lampung," jelasnya.

Dia  juga menyatakan bahwa wilayah yang aman, nyaman dan damai serta rukun, juga menjadi keinginan kalangan dunia usaha dalam berinvestasi dan menggerakkan roda perekonomian.

Terkait dengan pandemi Covid-19, ia mengingatkan masyarakat untuk tak mengabaikan protokol kesehatan. "Situasi pandemi tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan, yang terpenting dilaksanakan secara terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," himbau Fauzi.

Pada kesempatan itu Wabup Pringsewu juga melakukan penanaman pohon penghijauan serta dilakukan prosesi minum vitamin bersama sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat serta terhindar dari Covid-19. (*)

Laporan: Sulistyo

Editor: M Furqon

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


Puluhan Hektare Tanaman Padi di Mesuji Teranc ...

MOMENTUM, Mesuji--Puluhan hektare tanaman padi di Desa Sidangkurn ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com