Wabup Fauzi Dukung Pendirian Bank Darah di Wargomulyo

Tanggal 23 Jun 2021 - Laporan - 622 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meninjau pemeriksaan golongan darah di Balai Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka.

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mendukung pendirian bank darah di Pekon/Desa Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka. 

Hal itu disampaikan Wabup Fauzi saat menghadiri kegiatan pemeriksaan golongan darah di Balai Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka, Rabu (23-6-2021).

Wabup Fauzi mengatakan, keberadaan bank darah sangat besar manfaatnya sehingga dapat menolong sesama apabila membutuhkan.

"Saya bangga kepada kepala pekon dan masyarakat Wargomulyo yang mempunyai inisiatif untuk mendirikan bank darah tersebut," ujarnya.

Dia menuturkan, pembentukan bank darah, tentunya diawali dengan pemeriksaan kesehatan maupun golongan darah, sebelum warga mendonorkan darahnya. Sebab hanya orang sehat yang dapat mendonorkan darahnya. 

"Pemeriksaan golongan darah juga sangat diperlukan bagi rencana pendirian bank darah nantinya, karena akan diketahui dan didapatkan data lengkap masyarakat berikut golongan darah yang dimilikinya," jelas wabup. 

Ketua PMI Kabupaten Pringsewu itu pun mengajak masyarakat untuk membiasakan diri melakukan donor darah.

"Banyak sekali manfaat dari berdonor darah, yakni selain untuk kemanusiaan untuk menolong terhadap sesama, juga menyehatkan. Karena itu, betapa pentingnya kita bergotong-royong dan saling tolong-menolong kepada sesama, dengan menyumbangkan atau mensedekahkan darah kita," ajak dia. 

Terkait pandemi Covid-19, Fauzi menambahkan, siapapun dapat terpapar virus tersebut. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk bijak dalam menyikapinya, dan tidak terlalu takut berlebihan.

"Patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, yakni mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak fisik satu sama lain, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas," imbau Wabup Fauzi.

Kepala Pekon Wargomulyo Nursalim mengungkapkan, ide mendirikan bank darah di desanya berawal dari wabah DBD beberapa waktu lalu. "Banyak warga yang terkena DBD sehingga membutuhkan bantuan darah. Maka dari itu, saya berinisiatif untuk mendirikan bank darah, karena jika sewaktu-waktu ada warga yang membutuhkan, sudah siap," ungkapnya.

Nursalim juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, PMI dan seluruh masyarakat Pekon Wargomulyo, sehingga keberadaan bank darah dapat terwujud.

Kegiatan pemeriksaan golongan darah turut dihadiri Camat Pardasuka Titik Puji Lestari, KUPT Puskesmas Pardasuka, dan Ketua Bidang Abdimasgana Pramuka Kwarcab Pringsewu Andreas Andoyo.(**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com