36 Wartawan Siap Ikuti UKW PWI Lampung

Tanggal 28 Jun 2021 - Laporan - 620 Views
Suasana Pra-UKW PWI Lampung di Balai Wartawan Hi Solfian Ahmad.

MOMENTUM, Bandarlampung--PWI Provinsi Lampung menggelar Pra-UKW (Uji Kompeteni Wartawan) untuk angkatan XXIV, Senin (28-6-2021).

Pra-UKW yang berlangsung di Lantai III Balai Wartawan Hi Solfian Ahmad itu diisi dua pemateri: Sekretaris PWI Lampung Nizwar dan Seksi UKW Munizar.

Rencananya, UKW Angkatan XXIV PWI Lampung berlangsung selama dua hari: tanggal 29 dan 30 Juni mendatang. Peserta UKW Angkatan XXIV mencapai 36 orang. Terdiri dari 24 peserta jenjang muda dan 12 jenjang madya.

Dalam pemaparannya, Nizwar menjelaskan secara singkat terkait materi uji kompetensi. Seperti usulan liputan, rapat redaksi, liputan terjadwal, wawancara cegat atau door stop, menulis berita, menyunting berita, teknik wawancara tatap muka dan cegat, dan menyusun rubrik.

Menurut dia, jika peserta terbiasa menerapkannya dalam melaksanakan tugas, maka materi UKW akan lebih cepat diselesaikan tanpa masalah.

"Pada dasarnya materi yang diuji itu sebenarnya kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Baik sebagai wartawan bagi muda atau redaktur untuk jenjang madya," terangnya.

Sementara, Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian menyampaikan, kegiatan pra-UKW itu bertujuan memberikan pemahaman bagi peserta UKW angkatan XXIV.

"Kita harapkan para peserta ini bisa mendapatkan sedikit pemahaman terkait pelaksanaan UKW besok," terang Supriyadi.

Bang Yadi —sapaan Supriyadi Alfian meminta para peserta menyimak pemaparan dari para pemateri yang berasal dari PWI Lampung.

Menurut Bang Yadi, untuk level peserta muda, materi UKW merupakan pekerjaan sehari-hari wartawan di lapangan, seperti: menulis berita, wawancara, merencanakan liputan dan lainnya.

"Kan yang diuji ini merupakan kegiatan sehari-hari sebagai wartawan. Artinya kalau semua itu memang biasa dikerjakan, saya yakin peserta bisa lulus," tuturnya.

Sebaliknya, jika wartawan setiap harinya tidak pernah liputan dan membuat berita, dia memastikan, peserta UKW akan kesulitan mengerjakannya.

"Jadi ini tergantung kemampuan individu masing-masing. Kalau dia setiap hari hanya copy paste berita orang, pasti kesulitan. Bahkan bisa tidak kompeten," tegasnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


Sejumlah Tokoh Nasional dan Lampung Iringi Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendiang tokoh Nahdatul Ulama (NU) Lampu ...


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com