Pesawaran Kembangkan Pariwisata Berbasi Masyarakat

Tanggal 28 Jun 2021 - Laporan - 470 Views
Peserta pelatihan Pokdarwis di Kecamatan Negerikaton, Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Negerikaton--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran terus melanjutkan upaya pengembangan potensi pariwisata di wilayah setempat. Salah satunya melalui konsep pariwisata berbasis masyarakat atau comunity base tourism.

Terkait hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran menggelar pelatihan managemen pariwisata, Senin (28-6-2021). Pelatihan yang berlangsung di |Desa Pujorahayu dan Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton itu diikuti  kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis). 

Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dispar Kabupaten Pesawaran Yudiana mengatakan, pariwisata berbasis komunitas membutuhkan sumber daya manusia sebagai pengelola dengan memaksimalkan penduduk sekitar obyek wisata.

"Konsep ini selaras dengan program satu desa satu tempat wisata dan program desa wisata (Dewi) yang digagas Pemkab Pesawaran untuk menumbuhkan kesadaran pelaku wisata di desa," kata Yudi mewakili Kadis Pariwisata Elsafri kepada Harianmomentum.com.

Dengan menubuhkan kesadaran dan kemampuan untuk mengelola pariwisata di desa, maka diharapkan hal itu akan berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat desa.

"Dalam pelatihan ini kita melibatkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung sebagai trainer. Materinya seputar pengelolalaan pariwisata serta tujuh sapta pesona sebagai dasar pelayanan jasa wisata," sebutnya.

Pelatihan dihadiri puluhan anggota kelompok sadar wisata pengelola obyek wisata alam berupa embung dan perbukitan. Pelatihan tersebut jug tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editorl Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com