Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, Polres Pringsewu Targetkan 4.528 orang

Tanggal 12 Jul 2021 - Laporan - 379 Views
Pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis kedua di Markas Polres Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Polres Pringsewu bersama dinas kesehatan setempat kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi covid-19 secara massal, Senin (12-7-2021). Kegiatan yang berlangsung di markas polres setempat itu merupakan penyutikan vaksinasi dosis kedua.  

"Vaksinasi hari ini merupakan penyuntikan  dosis kedua yang akan kita laksanakan hingga 27 Juli mendatang. Jadi peserta vaksin ini adalah warga yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama pada bulan Juni lalu atau dengan jeda waktu 28 hari dari penyuntikan dosis pertama," kata Kepala Bagian Operasional Polres Pringsewu AKP.Martono mewakili Kapolres AKBP.Hamid Andri Soemantri. 

Dia menambahkan, berdasarkan data, warga yang telah menjalani penyuntikan vaksin dosis pertama pada bulan Juni lalu mencapai 4.528 orang.

"Kita targetkan vaksinasi dosis kedua ini, sesuai dengan jumlah warga yang telah mengikuti penyuntikan dosis pertama pada bulan Juni lalu," terangnya.

Karena itu, dia meminta, warga yang telah menjalani vaksin dosis pertama dengan jeda waktu 28 hari, segara mengikuti vaksinasi dosis kedua. 

Dia menjelaskan terkait, fungsi vaksinasi dosis pertama dan kedua. Menurut dia,  vaksinasi dosis pertama tujuannya untuk memicu respons awal kekebalan tubuh.  Sedangkan dosis kedua atau booster untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. "Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan," jelasnya.

Meski demikian, dia mengingatkan seluruh warga termasuk yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

"Fungsi vaksin ini adalah untuk membentuk daya tahan tubuh jika terpapar covid-19. Jadi untuk mencegah penularan, semua tanpa terkecuali tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan," imbaunya. (**)

Laporan: sulistiyo

Editor; munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com