Wabup Pringsewu Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Tanggal 12 Jul 2021 - Laporan - 378 Views
Webinar Donor Plasma Konvalesen di Tengah Pandemi Covid-19

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang juga Ketua Palang Merah Indonesia kabupaten setempat, mengajak masyarakat yang pernah terpapar (penyintas) Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalasen.

"Selain masyarakat umum, saya juga mengajak kepada para Aparatur Sipil Negara, anggota Kepolisian dan prajurit TNI yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalasen," ajak Fauzi, Senin (12-7-2021).

Menurut Wabup, plasma Konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi virus tersebut.

"Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari Covid-19," terangnya. 

Menurut dia, donor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19, adalah bahwa mereka yang pernah terpapar virus tersebut dan telah dinyatakan sembuh. Maka diharapkan sudah membentuk antibodi, sehingga plasma penyintas Covid-19 dapat diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi Covid-19 guna membantu melawan infeksi yang sedang berlangsung.

"Dengan demikian, plasma konvalesen akan membuat anti bodi pada tubuh pasien yang masih sakit dapat segera pulih atau sembuh dari Covid -19,"ujarnya.

Terkait donor darah plasma konvalesen tersebut, PMI Kabupaten Pringsewu itu, pihaknya akan menggelar webinar bertema Donor Plasma Konvalesen di Tengah Pandemi Covid-19. 

Webinar digelar pada Jumat, 16 Juli 2021 mendatang pukul 09:00-11:30 WIB. Dengan menghadirkan sejumlah narasumber:  Dr.Aditya, M.Biomed, Duta Donor Darah Hardyanto L.Silalahi, dengan Keynote Speaker  Ketua PMI Provinsi Lampung Rianasari Djunaidi. (**)

Laporan: sulistiyo

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com