Pemkot Diminta Segera Atasi Kelangkaan Obat dan Multivitamin

Tanggal 03 Agu 2021 - Laporan - 656 Views
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Metro--Pemkot Metro diminta secepatnya menambah pengadaan obat dan multivitamin Covid-19 sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Permintaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Tondi MG Nasution itu terkait dengan krisis obat dan multivitamin di sejumlah apotek dan distributor.

Menurut dia, kondisi itu harus segera disikapi dan harus mengambil langkah cepat agar kebutuhan obat dan multivitamin tersedia di pasaran.

"Saat ini obat maupun vitamin dalam keadaan terbatas. Kalau di apotek habis, pemerintah harus gimana, harus mengambil langkah cepat untuk mengatasi ini. Makanya kami minta pengadaan obat, dipercepat. 

Sediakan di puskesmas-puskesmas. Jadi masyarakat tidak panik, terutama mereka yang positif tapi dengan gejalan ringan," kata Tondi pada Harianmomentum.com, Selasa (3-8-2021).

Dia menyarankan Pemkot Metro berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait kebutuhan obat dan multivitamin.

"Ini penting, karena masyarakat membutuhkan obat dan vitamin di masa pandemi ini. Makanya secepatnya pengadaan obat dan vitamin dilakukan," ujarnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu. Pemkot Metro membentuk tim dan melakukan pengecekan terhadap 62 apotek dan dua distributor obat dan multivitamin.

Hasilnya, banyak obat dan multivitamin yang disarankan Kemenkes langka di pasaran. Seperti Favipiravir 200 mg tablet, Remdesivir 100 mg injeksi, Oseltamivir 75 mg kapsul, Intravenous Immunoglobulin 5% 50 ml infus, Intravenous Immunoglobulin 10% 25 ml infus, Intravenous Immunoglobulin 10% 50 ml infus, Ivermectin 12 mg tablet, Tocilizumab 400 mg/20 ml infus, Tocilizumab 80 mg/4 ml infus, Azithromycin 500 mg tablet dan Azitthromycin 500 mg infus. (*)

Laporan: Opie/Rio

Editor: M Furqon,


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com