Penyerapan APBD Metro Baru 45 Persen

Tanggal 04 Agu 2021 - Laporan - 835 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin,

MOMENTUM, Metro--Hingga 26 Juli 2021, tingkat penyerapan anggaran program kerja Pemkot Metro secara keseluruhan baru mencapai 45,12 persen atau lebih kurang Rp426 miliar dari total APBD kota setempat, sebesar Rp944 miliar.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Metro Supriyadi rapat koordinasi pelaksanaan dan percepatan realisasi anggaran tahun 2021. Rakor dipimpin langnsung Walikota Metro Wahdi Sirajuddin, Rabu (4-8-2021).

Supriyadi mengatakan, target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai bila para camat dan Llurah bekerja sama dalam merealisasikan anggaran program pencegahan dan penanganan dampak covid-19. Karena itu, dia meminta seluruh  organisasi perangkat daerah harus saling berkoordinasi dan memberikan instruksi kepada seluruh camat dan lurah agar segera melakukan percepatan pelaksanaan program kerja.

"Koordniasi dan sinergi seluruh jajaran pemkot, termasuk para camat dan lurah, perlu diperkuat untuk percepatan penyerapan anggaran yang efektif, efisien, akuntabel dan tepat sasara," kata Supriyadi.

Sebelumnya, Walikota Metro Wahdi Sirajuddin mengatakan, pemetaan anggaran sangat penting untuk lebih mengefektikan pelaksanaan program kerja pemerintah daerah. Terlebih di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini.

"Penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah, harus dilakukan  sesuai dengan kebutuhan masyarakat di tengah situasi pandemi covid-19. Selain itu prinsip transparan dan tepat sasaran harus tetap dikedepankan," kata walikota.

Menurut Wahdi, rakor tersebut bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman seluruh jajaran pemkot dalam menentukan langkah-langkah percepatan realisasi penyerahan anggaran program kerja tahun 2021. Termasuk mengefektikan penyiapan data secara periodik sebagai bahan merumuskan kebijakan pemerintah daerah.

"Rakor ini juga untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan realisasi APBD tahun 2021 dan menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah," terangnya. (**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Adipati Apresiasi Program Pendidik Guru Pengg ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Guru punya peran vital dalam menunjang ...


Kodim Lambar Matangkan Persiapan TMMD ...

MOMENTUM, Liwa--Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) k ...


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com