Lusa Beroperasi, Ini Fasilitas RS Darurat di Asrama Haji

Tanggal 08 Agu 2021 - Laporan - 676 Views
Petugas Kesehatan menyiapkan fasilitas penunjang pasien covid-19.

MOMENTUM, Bandarlampung--Rumah Sakit Darurat di Asrama Haji Bandarlampung siap beroperasi untuk merawat pasien covid-19 pada Selasa (10-8-2021) mendatang.

RS tersebut terletak di Gedung Multazam seluas 3.944 meter persegi memiliki 50 kamar dengan total 200 tempat tidur. Masing-masing kamar berkapasitas maksimal hingga empat tempat tidur.

Meski demikian, untuk tahap pertama akan dioperasikan 51 tempat tidur yang terdiri dari 20 tempat tidur di IGD dan ICU yang dilengkapi ventilator, empat tempat tidur HCU dan tiga tempat tidur IGD di lantai satu.

Kemudian, 24 tempat tidur ruang isolasi di lantai 2. Lalu Pada tahap berikutnya akan dioperasikan 72 tempat tidur ruang rawat isolasi di lantai 3, 4, dan 5.

Selain itu, gedung lima lantai itu juga dilengkapi ventilator, penggunaan SYSMEX dan OSS sebagai pendukung Teknologi Informasi.

Tidak hanya itu, RS Darurat juga dilengkapi fasilitas laboratorium, Instalasi Farmasi, hingga Command Room yang bisa memantau kondisi pasien 24 jam. 

Semetara untuk tenaga kesehatan, Pertamedika IHC telah menyiapkan 26 dokter umum, 14 dokter spesialis, 45 perawat, serta tenaga kesehatan dan penunjang medis lainnya untuk memastikan operasional RS tersebut.

"Sekali lagi, saya apresiasi gerak cepat yang dilakukan perusahaan BUMN atas kebutuhan tempat tidur bagi pasien Covid-19 dengan kondisi berat yang dihadapi banyak daerah," jelas Menteri BUMN M Erick Thohir.

Erick menyebutkan, RS darurat di Asrama Haji itu merupakan yang kedua dibangung yang bekerjasama dengan Kementerian Agama. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com