Pesawaran akan Bangun Taman Makam Pahlawan

Tanggal 17 Agu 2021 - Laporan - 428 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan rencana pembangunan Taman Makam Pahlawan di kabupaten setempat

MOMENTUM, Gedongtataan--Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat dan menghargai jasa para pahlawan. Karena itu, nilai-nilai dan semangat kepahlawanan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, harus terus ditanamkan kepada generasi penerus bangsa.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berencana membangun Taman Makam Pahlawan. Rencana tersebut disampaikan Bupati Dendi Ramadhona usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17-8-2021).

Bupati menyebut, taman makam pahlawan itu akan dibangun seluas satu hektare di Desa Kebagusan, Kecamatan Gedongtataan.

"Untuk taman makam pahlawan sudah kita usahakan. Insya Allah bersebelahan dengan lokasi taman Andan Jejama Sidototo, di Desa Kebagusan," kata bupati.

Penentuan calon lokasi pembangunan makam pahlawan itu, berdasarkan hasil tinjaun pemerintah pusat. "Pemerintah pusat menyarankan lokasi taman makan pahlawan berdekat dengan fasilitas umum. Salah satunya Taman Andan Jejama Sidototo," terangnya. 

Saat ini, Pemkab Pesawaran akan terus melakukan proses pendataan, sejumlah pahlawan dan vetaran perang kemerdekaan. "Terakhir tahun 2016 lalu kita data, untuk data terbaru belum kita lakukan karena tersebar di beberapa wilayah kabupaten," ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak keluarga para pahlawan yang sudah meninggal dunia.

"Soal pemindahan makam para pahlawan yang sudah meninggal dunia, masih kita koordinasikan dengan pihak keluarga masing-masing, bagaimana baiknya. Apakah makamnya dipindahkan atau hanya dibuat prasasti saja di taman makam pahlawan jika nanti sudah selesai dibangun," jelasanya 

Bupati berharap, dengan adanya taman makam pahlawan, generasi mudah Pesawaran dapat terus mengingat dan menghargai jasa-jasa pahlwan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

"Semoga dengan adanya taman makam pahlawan, generasi muda bisa lebih mengahragai jasa para pahlawan, sehingga bisa meningkatan peran aktif mendukung program pembangunan mewujudakan cita-cita kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan," harapnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com