UNJ Gelar Workshop Pengembangan Literasi Digital untuk Guru Bahasa Inggris

Tanggal 29 Agu 2021 - Laporan - 640 Views
Workshop virtual tentang pengembangan literasi digital guru Bahasa Inggris diikuti 80 guru bahsa Inggris se-Kabupaten Bogor.

MOMENTUM, Bogor--Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan workshop virtual tentang pengembangan literasi digital guru Bahasa Inggris. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) itu diikuti 80 guru bahasa Inggris se-Kabupaten Bogor.

Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (P2M) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melalui kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Bogor.

Workshop yang berlangsung pada Kamis, 26 Agustus 2021, dihadiri Ketua MGMP Nurwidi Astuti dan Koor Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNJ Sudarya Permana.

Sesi pertama, Lasito menyampaikan materi Aplikasi Schoology untuk Pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam sesi ini, peserta diajarkan cara membuat akun di Schoology, cara membuat kelas virtual, dan mengisi kelas tersebut dengan konten pembelajaran. 

Materi kedua Hanip Pujiati. Membahas tentang fungsi poster dan infografik serta prinsip-prinsip pengembangan poster dan infografik untuk pengajaran Bahasa Inggris. Diikuti dengan praktik pembuatan poster dan infografik digital yang dipandu oleh Muhammad Satrio.

Sesi kedua workshop membahas tentang pengajaran menulis yang diintegrasikan dalam platform pembelajaran daring Microsoft teams dan Google Classroom. Pada sesi ini, I Wayan Darya, menunjukkan cara memanfaatkan Wiki yang merupakan salah satu fitur dalam Microsoft teams untuk mengajarkan keterampilan menulis secara kolaboratif (collaborative writing). 

Sementara itu, Sudarya Permana menyampaikan prinsip-prinsip penilaian hasil belajara siswa serta pengembangan instrument penilaian menulis dan diikuti dengan pemanfaatan Google form – fitur yang dimiliki Google dan terintegrasi dengan Google Classroom, untuk membuat berbagai jenis instrument penilaian untuk menilai keterampilan menulis siswa. 

Beberapa tim dosen UNJ yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Wachidah, Ibu Rika, Imas, dan Muchlas Suseno.

Para guru antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Dilanjutkan dengan praktek mandiri dari materi yang disampaikan. 

Salah satu peserta, Daryati Sri Diningsih dari SMPN 1 Cibinong,  mengatakan kegiaan ini memberikan pengalaman baru bagi para guru khususnya tentang media digital dalam pembelajaran daring. Beberapa guru juga mengusulkan agar kegiatan ini ada tindaklanjutnya di bawah bimbingan tim dosen dan mahasiswa UNJ. (*)

Editor: M Furqon/Rls.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com