Atasi Kekeringan, DKP3 Metro Terapkan Sistem Pompanisasi

Tanggal 01 Sep 2021 - Laporan - 477 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin meninjau arel perawahan yang kekurangan pasokan air

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan peternakan (DKP3) Heri Wiratno meninjau areal persawahan di Kelurahan Tejoseri, Kecamatan Metro Timur, yang kekurang pasokan air, Rabu (1-9-2021).

Wahdi mengatakan, areal persawahan tersebut terancam kekeringan, akibat proses pengisian Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu.

"Kondisi irigasi untuk mengairi lahan persawahan saat ini kering, karena pasokan air sedang ditutup untuk mengisi Bendungan Way Sekampung di Kabuapten Pringsewu," kata Wahdi.

Meski demikian, dia menyebut, DKP3 telah melakukan langkah-langkah agar petani tidak gagal panen akibat kondisi tersebut.

"Kondisi padi saat ini masih bagus dan belum dinyatakan gagal panen, kerena ada upaya pompanisasi irigasi. Kebetulan juga beberapa hari ini turun hujan," terangnya.

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno, membenarkan pihaknya bersama kelompok tani membuat terobosaan dengan menerapkan sistem pompanisasi irigasi untuk mengairi lahan persawahan.

Menurut Heri, arela persawahan di wilayah setempat mampu menghasilkan sekitar enam ton padi perhektare.

"Sekitar enam ton produktifitas hasil padi yang diperoleh. Makanya kami upayakan jangan sampai terjadi gagal panen," terangnya.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) pada DKP3 Kota Metro Nina mengatakan, total luas areal persawahan di Kelurahan Tejosari mencapai 236 hektare.

"Selain upaya pompanisasi, kita juga memanfaatkan tiga sumur bor untuk menunjang pengairan persawahan  di  Tejosari," ungkapnya. (**)

Laporan: Opie/Rio

Rio: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


Moeldoko dan Mercu Bio-Tech Malaysia Berkunju ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com