Bangun Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Pekon Batuapi Bagikan Bantuan Benih Ikan

Tanggal 03 Sep 2021 - Laporan - 598 Views
Penyaluran bantuan bemih ikan nila untul kelompok tani di Pekon Batuapi

MOMENTUM, Pagardewa--Pencegahan dan penanganan dampak pandemi covid-19, menjadi salah satu prioritas realisasi Progam Dana Desa (DD) di Pekon/Desa Batuapi, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat.

Terkait hal tersebut, aparat Pekon Batuapi memberikan bantuan 18 ribu benih ikan nila untuk enam kelompok tani. Sertiap kelompok mendapat tiga ribu benih ikan nila.

Warno, Penjabat Peratin (kepala pekon) Batuapi mengatakan, bantuan benih ikan tersebut bagain dari upaya membangun ketahanan pangan masyarakat di tengah situasi pandemi covid-19.

"Selain benih ikan, kami juga memberikan bantuan waring, pakan dan obat-obatan selama masa pemeliharaan. Program ini yang pertama di Kecamatan Pagardewa," kata Warno pada Harianmomentum.com, Jumat (3-9-2021).

Nantinya, hasil budidaya bantuan benih ikan itu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi 1.164 jiwa  penduduk Pekon Batuapi.


"Anggaran untuk progaram bantuan benih ikan, waring, pakan dan obat-obatan selama proses pemeliharaanya, bersumber dari Dana Desa tahun 2021. Jumlahnya Rp48 juta," ungkapnya.

Selain bantuan benih ikan, program Dana Desa Pekon Batuapi juga direalisasikan dalam bentuk pembangunan fisik, antara lain: pembangunan gorong-gorong di Dusun 4, pembangunan Poskamling di Dusun 3 dan 50 unit lampu jalan yang tersebar di enam dusun.

"Realisasi program dana desa ini, merupakan hasi kesepakatan musyawarah warga," ujarnya.

Aparat pekon melalui satgas pencegahan dan penanganan covid-19, juga rutin menyosialisasikan penerapan disiplin protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, memhindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kami terus mengingatkan dan mengajak warga agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan covid-19," terangnya. (**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BPNB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com