Kunjungi Pringewu, Bukittinggi Pelajari Program Kota Sehat

Tanggal 28 Sep 2021 - Laporan - 370 Views
Bupati Pringswu Sujadi bertukar cindera mata dengan Walikota Bukittinggi Sumbar Erman Safar.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat kunjungan kerja ke Kabupaten Pringsewu untuk mempelajari program Kota Sehat.

Kunjungan itu terkait dengan prestasi yang diraih Kabupaten Pringsewu di bidang kesehatan. Dengan diperolehnya Swasti Saba Padapa dari Kementerian Kesehatan.

Walikota Bukittinggi Erman Safar dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi Fiona Safar beserta jajaran Pemkot Bukittinggi disambut Bupati Pringsewu Sujadi dan Ketua Forum Kabupaten Pringsewu Sehat Nurrohmah Sujadi di di Kantor Pemkab Pringewu, Selasa (28-9-2021).

Menurut Erman, kedatangannya ke Pringsewu untuk melakukan kaji banding pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat dan Kesehatan Lingkungan di Kabupaten Pringsewu. 

"Kami ingin mengetahui dan mempelajari strategi apa saja yang dilakukan Pemkab Pringsewu guna mewujudkan Kota atau Kabupaten Sehat, kemudian bagaimana implementasinya. Serta bagaimana upaya merubah perilaku masyarakat agar menyadari pentingnya hidup sehat," ujarnya.

Erman juga menyampaikan profil singkat kota yang dipimpinnya. Kota Bukittinggi memiliki penduduk 127 ribu jiwa yang mendiami wilayah seluas 25 km2, tersebar di tiga kecamatan dengan 24 kelurahan.

"Ada beberapa kesamaan antara Bukittinggi dan Pringsewu, hanya untuk di Bukittinggi dalam versi mini,"ungkapnya.

Sementara itu Bupati Pringsewu Sujadi mengungkapkan salah satu persoalan yang dihadapi yaitu masalah sampah yang perlu komitmen dan kesungguhan semua pihak untuk mengatasinya.

Beberapa komponen sanitasi total yang dijalankan Pemkab Pringsewu untuk menjamin keberlanjutan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, yakni dengan penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan sanitasi dan peningkatan penyediaan sanitasi. 

"Upaya yang dilakukan, diantaranya dengan adanya jihad sanitasi, gebrak ODF, satgas ODF, tentara jamban, polisi sanitasi, ustadz jamban, shalawat STBM, paguyuban Jamban Sewu dan program Genosida atau Gerakan One House One Losida," imbuhnya.

Pada kunjungannya ke Pringsewu,  Walikota Bukittinggi dan Ketua Forum Kota Sehat beserta jajaran Pemkot Bukittinggi berkesempatan meninjau Bank Sampah TPS3R Jejama Secancanan, Tugu ODF serta sejumlah lokasi lainnya. (*).

Laporan: Sulistyo

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com