Lapas Kotaagung Lomba Ketangkasan Hadapi Kondisi Darurat

Tanggal 02 Okt 2021 - Laporan - 438 Views
Petugas Lapas Kotaagung lomba membuka dan menutup kunci pintu ruang tahanan.

MOMENTUM, Kotaagung--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, mengasah kemampuan petugas menghadapi situasi darurat dan deteksi dini terhadap ganguan keamanan.

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk lomba membuka dan menutup pintu kamar narapidana atau warga binaan.

Kegiatan yang menjadi program Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi, itu berlangsung pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung, Beni Nurrahman menyampaikan  Keterampilan serta ketangkasan dalam membuka dan menutup pintu kamar hunian WBP ini harus dimiliki petugas saat di lapangan.

"Perlombaan ini guna melatih skill para petugas. Dengan cara ini juga sebagai petugas kita mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Apabila dalam situasi atau kondisi darurat petugas sudah terbiasa melakukan buka dan tutup kunci kamar hunian dengan cepat dan tanggap," ujar Beni.

Ia melanjutkan, perlombaan diikuti dua grup regu jaga, yaitu regu jaga malam dan regu jaga pagi , Jalannya lomba adu cepat buka dan tutup kamar yang terpasang gembok ini berlangsung seru.

Petugas mempraktikkan kemahiran melepas dan mengunci gembok tiap kamar dalam tempo sesingkat mungkin. Tiap sesi lomba, mengambil ancang-ancang berlari dari pos jaga masing masing dengan ditandai bunyi lonceng di pos jaga.

"Perlombaan ketangkasan membuka dan menutup kunci kamar hunian ini pertama kali dilaksanakan di Lapas Kotaagung dan akan berkelanjutan ," ungkap Beni Nurrahman.

Sementara itu KPLP M. Iqbal mengatakan, perlombaan buka gembok ini juga untuk melihat kesigapan para pegawai lapas Kotaagung, khususnya bagi pegawai penjaga.

Ia juga berharap dengan adanya Perlombaan ini dapat meningkatkan mutu para penjaga lapas untuk tetap semangat dalam bertugas, untuk menjaga keamanan di lapas kelas II B Kotaagung,"pungkasnya. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Balita di Lamteng Jadi Korban Pencabulan ...

MOMENTUM, Anakratuaji--Pria paruh baya berinisial SK (46), ditang ...


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com