Antisipasi Penyelundupan, Lapas Kotaagung Siapkan Layanan Penitipan Barang

Tanggal 25 Okt 2021 - Laporan - 472 Views
Pemeriksaan suhu badan saat akan melakukan kunjungan pasca penutupan selama pandemi covid-19 di Lapas Kotaagung.

MOMENTUM, Kotaagung--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung menyiapkan layanan penitipan barang bagi kunjungan keluarga warga binaan.

Hal itu kata Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan penyelundupan barang yang dilarang masuk dalam Lapas.

"Tindakan ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan bagi warga binaan Lapas Kotaagung dan keluarga mereka," kata dia, Senin (25-10-2021).

Dia berharap, adanya tindakan itu dapat mencegah adanya penyalahgunaan kunjungan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kotaagung. 

Selain itu, Beni melanjutkan, layanan spesial tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021.

"Lapas Kotaagung memberikan pelayanan spesial bagi keluarga warga binaan yang hendak menitipkan barang, yaitu berupa pengukuran suhu badan dan tekanan darah (tensi) oleh petugas kesehatan Lapas Kotaagung. Manfaatnya pun diperoleh para pengunjung/keluarga WBP, mereka mendapatkan informasi kesehatan mereka," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Beni menambahkan, dua duta layanan Lapas Kotaagung yakni Bagus Mulyadi dan Difka Rahestin ikut bertugas untuk memberikan sosialisasi dan penjelasan alur serta tata cara layanan penitipan barang. "Mulai dari pengecekan kesehatan pengunjung, scan barcode peduli lindungi, lalu pendataan identitas dan pemeriksaan barang titipan yang diakhiri dengan meminta pengunjung untuk memberikan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta memberikan saran guna evaluasi sehingga Lapas Kotaagung dapat terus meningkatkan layanannya," papar dia.

Selain itu, pengunjung atau keluarga WBP juga dilayani untuk konsultasi mengenai keluarga mereka di dalam Lapas Kotaagung. Beberaoa layanan itu seperti pemberian hak-hak integrasi mereka, kegiatan asimilasi WBP, keterangan waktu pengajuan dan syarat PB, CB, CMB serta CMK. "Para Duta Layanan didampingi langsung oleh Kasi Binadik dan Giatja, Aryo Pratama dalam kegiatan ini," ujar Kalapas.

Layanan publik, pemeriksaan kesehatan pengunjung dan konsultasi langsung ini rencananya akan terus digalakkan sampai puncak peringatan HDKD 30 Oktober mendatang.

Beni Nurrahman juga menegaskan seluruh petugas dalam memberikan segala bentuk layanan bagi masyarakat tidak memungut biaya sedikitpun. :Ini merupakan wujud komitmen kami yang juga sedang membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM," pungkasnya. (**)

Laporan: Galih/Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sengketa Lahan PTPN VII dan PT BMM, PN Kotabu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengadilan Negeri Kotabumi melaksanakan sid ...


Menantu Eks Bupati Lampung Utara Jadi Tersang ...

MOMENTUM, Kotabumi--Inspektur Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah a ...


Sidang Lapangan, PTPN VII Buktikan Putusan PN ...

MOMENTUM, Waykanan -- Sengketa lahan milik PT Perkebunan Nusantar ...


Konfirmasi Soal Limbah Tapioka PT BW, Kendara ...

MOMENTUM, Tulang Bawang--Dedi, wartawan di Kabupaten Tulang Bawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com