Antisipasi Potensi Penularan Covid-19, Pesawaran Segera Tindaklanjuti SE Gubernur

Tanggal 02 Nov 2021 - Laporan - 452 Views
Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Syukur

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran segera melakukan rapat dengan seluruh pihak terkait, untuk membahas langkah antisipasi potensi penularan covid-19 pada masa libur panjang natal dan tahun baru (nataru).

Hal tersebut disampaikan Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Syukur sebagai tidak lanjut Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung terkait antisipasi penularan covid-19 pada masa liburan Nataru.

"Surat Edaran Gubernur itukan menjelaskan terkait antisipasi (penularan covid-19) Nataru, maka dari itu kita dalam waktu dekat kita akan menggelar dengan seluruh pihak terkait. Termasuk para pengelola obyek wisata karena Pesawaran ini, salah satu daerah tujuan wisata utama di Provinsi Lampung, yang tentu akan kedatangan banyak pengunjung di masa liburan," kata Syukur pada Harianmomentum.com Selasa (2-11-2021).

Dia menyebut, tidak menutup kemungkinan, nanti adanya penutupan tempat wisata saat Nataru, seperti yang dilakukan pada akhir tahun 2020 lalu.

"Langkah itu (penutupan tempat wisata) bisa saja kita ambil untuk mencegah terjadinya klaster penularan covid-19. Namun, kita akan ambil keputusan setelah rapat bersama pengelola obyek wisata, karena kita juga harus mengambil keputusan yang tidak memberatkan masyarakat yang menggantungkan usaha dari keberadaan tempat wisata," terangnya.

Syukur berharap apapun keputusan yang nantinya diambil, seluruh pihak dapat memaklumi dan memahami karena kondisi pandemi yang saat ini masih belum berakhir. 

"Memang saat ini kasus terkonfirmasi sudah menurun, tapi lebih baik kita mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga penyebaran covid-19," ungkapnya.

Karena itu, dia mengingatkan, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah tanpa terkecuali, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumuman dan mengurangi mobilitas.

"Semua haru tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama saat beraktifitas di luar rumah, untuk mencegah penularan covid-19," imbaunya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hingga 2 November 2021, jumlah kasus positif covid-19 di Pesawaran mencapai 2.647 orang,

Dari jumlah tersebut, 2.406 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 231 orang.  (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com