Gubernur Pimpin Apel Kesiapan Bencana Alam

Tanggal 03 Nov 2021 - Laporan - 371 Views
Gubernur Arinal Djunaidi meninjau sarana dan prasarana untuk antisipasi bencana alam

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi memimpin Apel Gelar Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Lapangan Korpri Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (3-10-2021).

Gubernur mengatakan, apel itu merupakan langkah nyata sekaligus konsekuensi sebagai aparatur pelayanan masyarakat.

"Di mana salah satu penjabaran di dalamnya yaitu melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda dan lingkungan hidup dari bencana alam," jelasnya.

Termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM). "Maka dari itu setiap terjadinya musibah bencana, kita sebagai aparatur begara akan menjadi tumpuan sekaligus sorotan publik. Terkait dengan peran kinerja kita dalam pelaksanaan tugas penanggulangan bencana," terangnya.

Terlebih, Arinal mengatakan, saat ini Lampung memasuki musim penghujan. Sehingga sangat berpotensi dan rawan terjadinya musibah bencana.

"Antara lain gempa bumi, banjir, tanah longsor serta bencana yang diakibatkan oleh perubahan iklim yang ekstrem. Seperti puting beliung dan lain-lain," sebutnya.

Karena itu, gubernur berharap, berbagai potensi bencana yang ada harus disikapi dan dihadapi melalui penanganan bencana secara lebih baik. Apalagi, di tengah pandemi covid-19. 

"Pengelolaan yang baik artinya kita harus memahami ancaman, kekuatan atau kapasitas kita. Serta mampu menetapkan prioritas penanganan untuk mengurangi resiko," terangnya.

Selain itu, gubernur menjelaskan, faktor kunci lainnya yang harus diperhatikan adalah peningkatan kesiapsiagaan. Artinya melalui pemeliharaan dan peningkatan kemampuan SDM yang ada maupun pemberdayaan sarana dan prasarana yang dimiliki.

"Diperlukan juga upaya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi kepedulian dan semangat gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan masyarakat maupun para pemangku kepentingan lainnya guna," tuturnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com