BUMDes Tanjungrusia Bangun Kolam Renang

Tanggal 05 Nov 2021 - Laporan - 331 Views
Wabup Pringsewu Fauzi meresmikan Kolam Renang Pesona Rusia yang dikelola BUMDes Pekon Tanjungrusia.

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka membangun kolam renang "Pesona Rusia".

Pembangunan kolam renang sebagai upaya meningkatkan pendapatan desa atau pekon sekaligus memberdayakan masyarakat setempat. Sekaligus, menjadi pelengkap dan penunjang sarana olahraga maupun pariwisata di ujung selatan Kabupaten Pringsewu.

Kolam Renang Rusia Pesona mulai dibuka dan diresmikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Kamis (4-11-2021).

Wabup mengaku bangga kepada masyarakat dan Pemerintah Pekon Tanjungrusia yang sudah menganggarkan pembangunan kolam renang tersebut dari Dana Desa.

Menurut dia pembangunan kolam renang itu merupakan salah satu pemenuhan sarana olahraga, yang bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat Tanjungrusia, tetapi juga pekon-pekon di sekitarnya.

Namun demikian, perlu juga diperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. "Pastikan keamanannya, sehingga para pengunjung merasa senang dan nyaman untuk datang berolahraga sekaligus berwisata ke kolam renang Pesona Rusia ini," pinta Wabup Fauzi.

Kepala Pekon Tanjungrusia Wildan Firdaus mengungkapkan, kolam renang Pesona Rusia sebenarnya sudah dibangun sejak dua tahun lalu melalui Dana Desa. Akibat pandemi, pihaknya belum berani membukanya untuk umum, sehingga baru sekarang dapat dibuka sekaligus di-launching.

Dia juga memohon kepada pemerintah, daerah, provinsi maupun pusat untuk dapat membantu Pekon Tanjungrusia agar dapat mewujudkan desa mandiri yang mempunyai PAD tinggi.

Wildan Firdaus juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu karena memberikan arahan serta bimbingan dan respons positif untuk usaha yang dilakukan pemerintah pekon demi memajukan ekonomi masyarakat.

"Begitu juga kepada media, upaya ini dilakukan semata-mata adalah demi kemajuan Pekon Tanjungrusia," ucapnya.

Terpisah, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu Kasmini mengharapkan kolam renang Pesona Rusia menjadi salah satu unit usaha BUMDes yang memberdayakan masyarakat setempat.

"Nantinya juga dapat dibentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar lebih berkembang," ujar dia. 

Kasmini juga meminta Kepala Pekon setempat harus memberdayakan masyarakat sekitar guna meningkatkan taraf ekonominya, dan selanjutnya melakukan pembinaan dan pemantauan.

"Seperti tujuan dari BUMDes yakni selain untuk membuka lapangan kerja, diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan desa. Dengan dibukanya kolam renang ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap PAD desa," ujarnya.

Peresmian dan launching Kolam Renang Pesona Rusia ditandai dengan pengguntingan pita serta pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Pringsewu yang dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi, Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub, Plt Camat Pardasuka Pahrurrozi beserta Uspika, Ketua BHP, tokoh adat, tokoh agama serta masyarakat setempat. (**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BRI Dukung Kontingen Porwanas PWI Lampung Ber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Region ...


Mantap, Hampir Seribu PPPK di Pringsewu Terim ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sebanyak 949 Aparatur Sipil Negara (ASN)&nbs ...


Cegah Penyebaran DBD, Sindangsari Lakukan Fog ...

MOMENTUM, Kotabumi--Jajaran Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Kot ...


Cegah DBD, Dinkes Metro Ingatkan Warga Soal P ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengimbau ma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com