Parah! Warga di Metro Buang Sampah Sembarangan

Tanggal 19 Nov 2021 - Laporan - 581 Views
Tangkapan kamera CCTV warga pembuangan sampah sembarangan.

MOMENTUM, Metro--Closed Circuit Television (CCTV) milik Trader Peduli Indonesia (TPI) merekam perilaku warga membuang sampah sembarangan di perbatasan Kecamatan Metro Utara, Kota Metro-Kecamatan Punggur, Lampung Tengah (Lamteng).

Rekaman CCTV TPI Kota Metro yang terpasang di Gapura perbatasan sejak pertengahan 2021 itu telah merekam ratusan kali perilaku tidak patut ditiru yang membuang sampah sembarangan di lokasi setempat. Parahnya, warga yang membuang sampah dilakukan oleh warga yang sama.

Ketua DPP TPI, Dicky Kusuma Wardhana mengungkapkan, rekaman CCTV dirilis atas permintaan masyarakat. TPI merasa terpanggil untuk mencari solusi terhadap kondisi tersebut.

"Tujuan kami pasang CCTV memang untuk cari tahu siapa yang buang sampah disitu. Nah, kebetulan masyarakat dan media mau lihat, sekalian saja saya bongkar rekaman CCTV nya. Supaya publik tahu," kata dia, Jumat (19-11-2021).

Founder PT. NSW ini menambahkan, puluhan orang itu-itu saja yang membuang sampah di lokasi tersebut. Biasanya, mereka membuang sampah saat pagi hari.

"Setelah kami teliti, pelakunya orang yang sama, jumlahnya kurang dari 30 orang. Rata-rata mereka membuang sampah pagi hari. Sambil bawa motor maupun mobil, mereka lemparkan begitu saja," tambahnya.

Berdasarkan rekaman CCTV, para pelaku buang sampah berkendara dari arah Lamteng menuju Kota Metro dan melemparkan sampah yang dibawanya ke kawasan perbatasan.

"Ada orang dari arah Punggur menuju ke Metro. Ada juga dari arah Metro sendiri, dia pakai motor kemudian muter di ujung jalur dua kemudian lempar sampahnya di sana," ungkap Dicky.

Nantinya, lanjut dia, file rekaman CCTV akan diserahkan ke Pemkot Metro. Langkah itu sebagai bentuk dukungan TPI agar persoalan tumpukan sampah yang merusak wajah Bumi Sai Wawai bisa segera diselesaikan.

"Jadi kami berkomitmen untuk membantu Pemerintah Kota Metro dalam upaya menggapai Adipura, salah satu caranya ialah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Maka kami berencana untuk menyerahkan semua data rekaman CCTV yang kami miliki berikut dengan data para pelakunya ke Pemkot Metro," ucapnya.

Ia berharap, Walikota Metro dapat menindaklanjuti dan memberi solusi jitu dalam menangani persoalan sampah di kawasan perbatasan. Diketahui, TPI Kota Metro sejak Juni 2021 telah memasang dua CCTV di dua titik rawan buang sampah yang terdapat di sepanjang Jalan Pattimura.

"Kami berharap Pemkot Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup maupun Satpol-PP dapat menindaklanjutinya, sehingga menimbulkan efek jera, supaya orang-orang akan berpikir berulang kali untuk membuang sampah sembarangan di Kota ini," imbuhnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


Cegah DBD, Kapolsek Selagai Lingga Lakukan Fo ...

MOMENTUM, Selagailingga--Aktif berupaya mencegah berkembangnya pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com