Riana dan Desainer Didiet Maulana Kunjungi Perajin Tenun di Sailing

Tanggal 24 Nov 2021 - Laporan - 484 Views
Perajin tenun di Sailing, Kabupaten Tanggamus dikunjungi Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari dan desainer Didiet Maulana.

MOMENTUM, Sumberejo--Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal bersama desainer Didiet Maulana mengunjungi pengrajin tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Rabu (24-11-2021).

Kedatangan Riana disambut Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Ketua Dekranasda Tanggamus Nuraini Hamid Lubis, Ketua TP PKK Sri Nilawati, camat Sumberejo, serta jajaran Dekranasda setempat.

Riana mengatakan kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung pembuatan kain tenun Lampung yang menurutnya luar biasa dan menginspirasi.

Banyak inovasi inovasi yang dilakukan para pengrajin tenun di Sailing. Ia berharap para pengrajin lebih semangat, terus berkreasi dengan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam setiap kesempatan.

"Karena kita inginnya, tenun Lampung ini tidak hanya dijual di Lampung. Tetapi masuk skala nasional bahkan internasional. Tentu, produknya harus premium. Kalau kita lihat, ada potensi itu," kata Riana.

Pada sisi lain, Riana bangga dengan talenta muda para petenun, yang akan melestarikan kebudayaan yang dimiliki Provinsi Lampung. Tahun depan, Dekranasda kembali akan berkolaborasi dengan desainer Didiet Maulana dengan seluruh perajin yang telah dibina.

"Misalnya ada salah satu perajin yang bisa membuat tas, dan ada satu perajin yang bisa membuat tapis. Nanti akan berkolaborasi sehingga tas tersebut ada sentuhan tapisnya, tentunya bentuk dukungan kami, insyallah jika pandemi ini telah usai, akan saya programkan untuk pameran di Jakarta, dan luar negeri, karena promosi sangat penting,"terangnya

Sementara itu, Dewi Handajani menyampaikan, suatu kebanggaan serta peluang bagi kabupaten Tanggamus telah dikunjungi oleh Ketua Dekranasda dan desainer Didiet Maulana, untuk lebih memperkenalkan lagi hasil produk kerajinan asli Tanggamus ke tingkat nasional maupun internasional.

"Pengurus Dekranasda Tanggamus yang selama ini bersemangat, dan bersinergi dengan baik dengan seluruh pihak, sehingga produk kerajinan dari Tanggamus lebih bervariasi lagi," katanya.

Hal senada dikatakan Ketua Dekranasda Tanggamus Nuraini Hamid Lubis. Suatu kehormatan bagi para pengrajin tenun di Sailing mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Riana serta Didiet Maulana, selaku mentor sekaligus desainer ternama.

Ia berharap dengan kunjungan tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat lagi kepada semua pengrajin di Tanggamus khususnya di Sailing.

"Pengrajin tapis juga ada juga di Talangpadang, Gunungalip, Pulaupanggung, dan Semaka, namun kalau khusus Tenun hanya ada di Kecamatan Sumberejo Pekon Sumbermulyo Dusun Sailing," terangnya.

Sementara itu, mentor sekaligus desainer, Didiet Maulana, menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Lampung, yang telah memberikan perhatian kepada para pengrajin pemilik UMKM sampai pendampingan, dan promosi berikut mempersiapkan marketing.

"Di sini kita juga akan lakukan di tahun depan melaksanakan kolaborasi. Kami juga mengharapkan bahwa di Lampung ini tidak ada persaingan. Tetapi kita saling mendukung karna salah satu kemajuan pengrajin itu adalah buat kemajuan pengrajin yang lainnya,"ujar Didit.

Ia juga, terkesan dengan pelaku tenun, yang menurutnya mulai dari pengurus Dekranasda, perajinya, pemilik UMKMnya, telah selaras dan semangat untuk maju mempertahankan kebudayaan.

"Saya berpesan kepada pelaku pengrajin maupun UMKM jangan sampai menyerah, kalau misalnya ada hasil yang tidak sesuai yang diharapkan itu adalah krikil disepanjang jalan. Jadi itu hal yang biasa bagi para pelaku UMKM ada pasang dan surut, tapi yang tidak pernah hilang itu adalah semangat kita dengan terus berkarya,berinovasi dan berusaya,"tandasnya. (*)

Laporan: Galih/Ijal
Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com