Pemprov Lampung Jadi Kandidat Penerima KPPU Award 2021

Tanggal 30 Nov 2021 - Laporan - 593 Views
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi Lampung menjadi kandidat penerima KPPU Award 2021 dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI.

Hal itu Undangan KPPU RI nomor: 270/WK/S/XI/2021 tertanggal 16 November yang ditujukan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dalam poin pertama disebutkan, Pemprov Lampung merupakan kandidat penerima KPPU award 2021 berdasarkan data interaksi aktifnya dengan KPPU melalui Kantor Wilayah II yang berkedudukan di Provinsi Lampung. 

Berdasarkan catatan KPPU, sepanjang tahun 2021 Pemprov Lampung aktif melakukan interaksi dalam permintaan saran dan pertimbangan dalam isu persaingan usaha dan kemitraan di Provinsi setempat. Selain itu, Pemprov Lampung juga aktif dalam menjalankan dan mengimplementasikan kerjasama bersama KPPU.

Kemudian, dalam bidang persaingan usaha Pemprov Lampung berkoordinasi aktif bersama KPPU untuk menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat di Provinsi Lampung. 

Hal tersebut ditunjukkan melalui permintaan saran dan pertimbangan kepada KPPU diantaranya terkait stabilitas harga komoditas ternak di Lampung, rumusan kebijakan gubernur dalam upaya peningkatan pendapatan petani ubi kayu. Lalu, rumusan kebijakan Gubernur untuk kelancaran Ekspor, Kebijakan Impor, KUR dan pajak.

Pemprov juga dinilai aktif bersama KPPU dalam menyelenggarakan sosialisasi hukum persaingan usaha di lingkungan setempat.

Ketiga, dalam bidang kemitraan pemprov juga aktif bersinergi bersama KPPU untuk menciptakan pola kemitraan yang sehat. Hal tersebut ditunjukkan dari komitmen Pemprov Lampung dalam menjalin kerjasama bersama KPPU untuk membentuk Tim Satuan Tugas Pengawasan Kemitraan Peternakan di Provinsi Lampung. 

KPPU juga mencatat kegiatan pengawasan kemitraan tersebut juga dilaksanakan dengan baik dan aktif. Selain itu, KPPU juga menilai sedikitnya terdapat 8 Peraturan Gubernur Lampung yang mendukung terwujudnya pola kemitraan yang sehat di Provinsi Lampung.

Poin terakhir, KPPU juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang terus berkomitmen dalam mempertimbangkan saran dan masukkan dalam rumusan-rumusan kebijakan yang akan dikeluarkan. Terutama yang berkaitan dengan persaingan usaha dan kemitraan. 

Penyerahan KPPU Award itu dijadwalkan pada 14 Desember 2021 di Hotel Puliman Jakarta Pusat. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com