Komut PLN Lakukan Kunker, Amien Sunaryadi : Tingkatkan Produksi Listrik Geothermal

Tanggal 24 Des 2021 - Laporan - 614 Views
Komisaris Utama PT PLN (Persero) saat meninjau sumur bor panas bumi Ulubelu Lampung

MOMENTUM, Jakarta--Komisaris Utama PT PLN (Persero) lakukan peninjauan langsung ke sumur bor panas bumi Ulubelu Lampung, dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan energi panas bumi sebagai sumber alternatif energi listrik baru terbarukan (EBT).

MOMENTUM, Tanggamus--Komisaris Utama PT PLN (Persero), Amien Sunaryadi melakukan kunjungan kerja ke PLTP Ulubelu & Pertamina Geothermal Energy (PGE). Tujuan Amien, untuk melihat potensi geothermal yang ada di Ulubelu sekaligus melihat secara langsung proses Pembangkitan Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Dalam kunjungannya, Amien disambut langsung oleh GM PLN UIKSBS, Djoko Mulyono, GM PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, beserta jajaran Manajemen PLN UIKSBS. Dalam paparannya SRM Produksi UIKSBS, Nur Cahyo menyampaikan bahwa pada saat ini beban puncak provinsi Lampung membutuhkan 1,1 GW dengan daya mampu pembangkit yang didukung dari UPK Tarahan, UPK Sebalang dan UPDK Bandar Lampung. 

Amien bersama dengan manajemen UIKSBS melakukan site visit ke PLTP Unit 1 dan 2. Amien berdiskusi dengan Operator PLTP Unit 1 dan 2 yang dikelola oleh PLN, dimana area tersebut mendapatkan panas bumi (Geothermal) yang berasal dari Pertamina PGE Area Ulubelu yang berdiri sejak tahun 2012. 

“Menurut ahli Geogologi, di dunia panas yang berasal dari pusat bumi (Geothermal), 40% berada di Indonesia. Panas bumi dapat menghasilkan listrik sebesar 23,9 GW dan di Indonesia baru termanfaatkan sebesar 2,1 GW,” Ujar Amien Sunaryadi.

Amien juga berkesempatan untuk meninjau sumur bor panas bumi yang dikelola oleh Pertamina PGE. Dalam kunjungan tersebut, disambut oleh Direktur Explorasi dan Pengembangan, Tafif Azimudin beserta Manajemen Pertamina PGE.

“Saat ini Pertamina PGE sedang melakukan quick win project areas menemukan sumber panas bumi yang bisa menghasilkan energi sebesar 375 MW, dan siap bekerjasama dengan PLN untuk menjadi peluang energi listrik,” Ungkap Tafif. Potensi yang dimaksud adalah pemanfaatan Hot water dengan temperature tinggi yang masih bisa dikonversi menjadi Energy Listrik mennggunakan metode Binary Plant.

Amien menggarisbawahi bahwa PLN dan PGE harus bekerjasama, bekerja lebih cepat dan proses harus efisien, Pertamina PGE sebagai perusahaan yang melakukan eksplorasi energi panas bumi dan PLN sebagai pengguna panas bumi yang mengubah menjadi energi listrik. Sinergi dan Kerjasama ini harus ditingkatkan sehingga ada tambahan produksi listrik yang berasal dari Geothermal.

Diakhir kunjungannya, Amien memberi pesan kepada pegawai PLN untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensi. (**)

Laporan:Nurjanah


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


HUT ke-59, PGN Tegaskan Rencana Strategis Dor ...

MOMENTUM, Jakarta--PT PGN Tbk tepat berusia 59 tahun pada 13 Mei ...


Stan Dekranasda Pringsewu Terbaik Pertama Lam ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasd ...


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com