Antisipasi Omicron, RSUD Pesawaran Pastikan Kesiapan Penanganan

Tanggal 12 Jan 2022 - Laporan Rifat Arif - 518 Views
Direktur RSUD Pesawaran Yasmin Marlinawati

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyiapkan langkah antisipasi pencegahan dan penanganan covid-19 varian omicron.

Langkahaitu, antara lain dilakukan dengan menjamin ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat.

Direktur RSUD Pesawaran Yasmin Marlinawati mengatakan, selama tiga bulan terakhir tidak ada pasien terkonfirmasi yang dirawat di RSUD setempat, namun ruang isolasi masih  disiapkan.

"Ruang isolasi, sampai saat ini masih siap kita fungsikan. Tenaga medis juga siap, walau pun ada beberapa yang masih diperbantukan di tempat lain, karena memang tidak ada pasien isolasi di RSUD ini," kata Yasmin pada Harianmomentum.com, Rabu (12-1-2022).

Dia juga memastikan, stok obat-obatan, tabung oksigen, tempat tidur di ruang isolasi juga mencukupi, jika terjadi peningkatan kasus covid-19.

"Obat-obatan aman, tabung oksigen ada sekitar 150 tabung lebih. Kemudian ruang isolasi ada lima tempat tidur, tapi bisa kita tambah sewaktu-waktu, karena selama ini kan tidak ada pasien yang dirawat,  maka tempat tidurnya kita kembalikan ke ruangan lain," terangnya.

Terkait antisipasi potensi masuknya varian omicron, dia meminta dukungan dan peran aktif semua pihak untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga meminta masyarakat cepat memeriksakan diri jika mengalami gejala covid-19.

"Kalau yang saya tau, pasien yang terkonfirmasi positif covid varian omicron harus melakukan isolasi di rumah sakit karena harus mendapatkan penanganan medis secara intens. Karena itu masyarakat yang mengalami gejala covid segera memeriksakan diri ke rumah sakit, untuk memastikan apakan omicron atau bukan. Sehingga cepat bisa ditangani," jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga 12 Januari 2022, jumlah kasus positif covid-19 di Pesawaran mencapai 2.653 orang.

Dari jumlah tersebut, 2.419 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 233 orang. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com